facebook

Ini 4 Kelemahan Timnas Indonesia Versi Media Vietnam

Rully Fauzi
Ini 4 Kelemahan Timnas Indonesia Versi Media Vietnam
Para pemain Timnas Indonesia. (dok. PSSI)

Media Vietnam mulai melontarkan psywar jelang pertandingan besar Grup B Piala AFF 2020.

Suara.com - Lawan berat bakal dihadapi Timnas Indonesia pada lanjutan pertandingan Grup B Piala AFF 2020. Tim Garuda dijadwalkan menghadapi Vietnam di Bishan Stadium, SIngapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB.

Laga ini bakal menjadi sangat penting buat Evan Dimas dan kolega karena bisa memengaruhi peluang lolos ke fase gugur Piala AFF tahun ini.

Untuk sementara Timnas Senior Indonesia dan Vietnam sama-sama mengoleksi poin sempurna 6 dari dua pertandingan di pucuk klasemen Grup B.

Well, jelang duel penting ini, media Vietnam mulai melancarkan psywar. Salah satu media Vietnam, Bongda, mengungkap empat kelemahan yang dimiliki Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong.

Baca Juga: Vietnam Dijagokan Menang, Tapi Timnas Indonesia Unggul dalam Rekor Pertemuan

1. Pertahanan Longgar

Salah satu kelemahan yang bisa dieksplorasi oleh Vietnam menurut Bongda adalah sektor pertahanan yang dinilai rapuh dan longgar.

Ini dibuktikan dengan Timnas Indonesia selalu kebobolan di dua laga awal mereka di Grup B; melawan Kamboja dan Laos.

Terlebih, Shin Tae-yong selalu merotasi lini belakang Indonesia yang menjadi indikasi belum ditemukannya ramuan paling tepat.

2. Variasi Serangan Minim

Baca Juga: Hadapi Vietnam Tanpa Egy, STY: Jelas Kekuatan Timnas Indonesia Berkurang

Timnas Indonesia dinilai tidak memiliki banyak variasi serangan, yang diyakini bakal memudahkan Vietnam untuk membaca permainan Evan Dimas dan kolega di laga nanti.

Gelandang-gelandang Vietnam dipercaya bakal aktif menjaga Ricky Kambuaya dan Evan Dimas yang merupakan motor serangan Indonesia di lini vital.

3. Penurunan Performa di Akhir Laga

Kondisi lain yang menonjol dalam dua pertandingan awal Timnas Indonesia di Grup B PIala AFF adalah permasalahan stamina pemain.

Para pemain Indonesia kerap kehilangan konsentrasi dan fokus menjelang babak pertama usai, dan juga di penghujung babak kedua. Kelemahan di akhir-akhir laga ini bisa dimanfaatkan Vietnam untuk mencuri kesempatan.

4. Faktor Pengalaman

Bongda juga menggarisbawahi pengalaman yang dimiliki skuad Timnas Indonesia di sebuah kompetisi. Disebutkan bahwa skuad yang dibawa oleh Shin Tae-yong ke Piala AFF 2020 tak banyak memiliki pengalaman di sebuah turnamen.

Shin Tae-yong memang banyak memanggil pemain muda dan pemain-pemain yang baru melakoni debut di Timnas Senior Indonesia.

Minimnya pengalaman ini pun bisa dimanfaatkan Vietnam yang membawa banyak pemain dengan pengalaman mentas di ajang internasional.

[Aditia Rizki]

Komentar