facebook

Timnas Indonesia versus Park Hang-Seo, Selalu Jadi Bulan-bulanan

Rully Fauzi
Timnas Indonesia versus Park Hang-Seo, Selalu Jadi Bulan-bulanan
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. [Haitham AL-SHUKAIRI / AFP]

Pelatih kawakan Korea Selatan itu selalu jadi momok menakutkan buat Timnas Indonesia.

Suara.com - Salah satu ujian tersulit Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 akhirnya tiba. Mereka kini bakal jumpa 'lawan sesungguhnya', yaitu Park Hang-seo yang merupakan pelatih Timnas Vietnam. Park memang selalu jadi mimpi buruk buat Indonesia sebelumnya di berbagai level.

Park Hang-seo, juru taktik asal Korea Selatan,telah ditunjuk oleh Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) sejak tahun 2017 untuk mengasuh Timnas Vietnam di berbagai kelompok usia, utamanya di timnas senior dan U-23.

Sejak Vietnam dibesut Park Hang-seo, Timnas Indonesia tak pernah sekalipun meraih kemenangan atas Vietnam.

Beberapa momen perjumpaan ini terjadi di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 dan SEA Games 2019. Pada dua kesempatan itu, Timnas Indonesia U-23 selalu kalah dari Vietnam.

Baca Juga: Ini 4 Kelemahan Timnas Indonesia Versi Media Vietnam

Setali tiga uang, di level senior, skuad Garuda juga selalu bertekuk lutut saat berjumpa tim besutan Park Hang-seo. Dua kali pertemuan yang tercatat ialah ketika berjumpa pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Berikut rekor Park Hang-seo melawan Timnas Indonesia di berbagai ajang:

1. Kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Perjumpaan pertama Park Hang-seo dengan Timnas Indonesia terjadi pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Saat itu, Timnas Indonesia U-23 berada di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri.

Hasilnya, Park Hang-seo membawa Vietnam menjegal skuad Garuda Muda. Duel yang berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam pada 24 Maret 2019 berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan tim tuan rumah.

Baca Juga: Jelang Hadapi Vietnam, Shin Tae-yong Soroti Gelandang Quang Hai

Saat itu, satu-satunya gol Vietnam dicetak oleh Trieu Viet Hurng pada menit-menit akhir.

2. SEA Games 2019

Momen selanjutnya saat Park Hang-seo kembali menghadapi Timnas Indonesia terjadi pada kejuaraan SEA Games 2019.

Pada ajang itu, pelatih kawakan Korea Selatan berusia 64 tahun itu masih membuktikan bahwa Vietnam adalah tim yang lebih baik ketimbang Indonesia di level U-23.

Pada babak penyisihan, Vietnam sukses menjegal Indonesia dengan skor 2-1. Namun, skuad Garuda Muda tetap lolos ke fase gugur dengan status runner-up.

'Pembantaian' selanjutnya terjadi ketika keduanya berjumpa di final. Skuad muda The Golden Star sukses memukul Evan Dimas dan kawan-kawan tiga gol tanpa balas.

Dengan hasil itu, anak-anak asuh Park Hang-seo sukses mendulang medali emas.

3. Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Beralih ke timnas senior, Park Hang-seo juga sukses memaksa Timnas Indonesia, bahkan dua kali di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Saat itu, keduanya sama-sama tergabung di Grup G babak kualifikasi kedua bersama Uni Emirat Arab, Thailand, dan Malaysia. Pada pertemuan pertama, Timnas Senior Indonesia dihantam 1-3 oleh Vietnam.

Dan pada pertemuan kedua di Grup G, skuad Garuda masih menjadi bulan-bulanan. Kali ini kekalahannya lebih menyedihkan karena laga berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Vietnam.

[Muh Adif Setiawan]

Komentar