facebook

Dinilai Tiru Indonesia usai Tunjuk Pelatih Asal Korea Selatan, Ini Respons FAM

Arif Budi
Dinilai Tiru Indonesia usai Tunjuk Pelatih Asal Korea Selatan, Ini Respons FAM
FAM tunjuk Kim Pan-gon sebagai pelatih timnas Malaysia. (Dok, FAM)

FAM menyebutkan alasan menunjuk pelatih asal Korea Selatan. Bukan meniru langkah Indoensia.

Suara.com - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menjelaskan soal penunjukkan pelatih baru mereka, Kim Pan-gon yang berasal dari Korea Selatan. Mereka membantah penunjukkan itu mengikuti tren yang ada.

Sebagaimana diketahui, Vietnam sebelumnya mengontrak pelatih Vietnam bernama Park Hang-seo. Di bawah asuhan pelatih berusia 64 tahun ini, skuad Golden Star Warriors menjadi salah satu yang terkuat di ASEAN.

Selanjutnya pada 2019 lalu, timnas Indonesia juga menunjuk pelatih dari Korea Selatan, yakni Shin Tae-yong. Hadirnya pelatih dari Negeri Gingseng tersebut dinilai tepat.

Sebab Shin Tae-yong menunjukkan perkembangan baik bersama skuad Garuda. Buktinya, ia berhasil mengantarkan tim Merah Putih tampil impresif di Piala AFF 2020, meski berakhir jadi runner-up.

Baca Juga: Prediksi Southampton vs Manchester City di Pekan ke-23 Liga Inggris

Kini Malaysia juga mengambil langkah sama dengan merekrut pelatih Korea Selatam, Kim Pan-gon. Namun, FAM membantah bahwa langkah itu mengikuti Indonesia atau Vietnam.

"Pemilihan Pan-gon dibuat setelah penilaian menyeluruh ke atas calon dari berbagai negara termasuk, Jepang, negara-negara Eropa, dan Amerika Latih serta lokal," tulis pernyataan dari FAM.

"FAM merasa bahwa Pan-gon merupakan calon terbaik untuk menangani skuad Harimau Malaya berdasarkan pengalamannya sebagai juru latih," imbuhnya.

Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]
Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]

Sementara itu, Kim Pan-gon disebut akan tiba di Malaysia pada awal Februari 2022. Ia akan tiba bersama empat asiiten pelatihnya.

Pelatih berusia 52 tahun tersebut dikabarkan bakal memulai pemusatan latihan pertamanya dengan timnas Malaysia pada Maret 2022 mendatang sebagai persiapan menjelang kualifikasi Piala Asia Juni mendatang.

Baca Juga: Jadwal Liga Spanyol Akhir Pekan Ini, Ada Real Madrid vs Elche

Melansir dari data Transfermarkt.com, Kim Pan-gon bukan sosok yang ecek-ecek. Sebelum menerima pinangan dari FAM untuk menangani timnas Malaysia, ia sempat menjabat Wakil Presiden KFA (Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar