facebook

Profil Miro Baldo Bento, Eks Timnas Indonesia yang Berpaspor Timor Leste

Rully Fauzi
Profil Miro Baldo Bento, Eks Timnas Indonesia yang Berpaspor Timor Leste
Miro Baldo Bento. [Instagram Miro Baldo Bento]

Miro Baldo Bento merupakan eks striker Timnas Indonesia, namun darah Timor Lestenya tak perlu diragukan lagi.

Suara.com - Pertandingan antara Timnas Indonesia versus Timor Leste di FIFA Matchday pada 27 dan 30 Januari nanti memiliki beberapa background unik, salah satunya ikatan antara Miro Baldo Bento dengan Indonesia.

Saat ini, Miro Baldo Bento memang merupakan warga negara Timor Leste, namun sebelumnya dia merupakan bagian dari Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Timor Leste memisahkan diri dari Indonesia pada tahun 2002 silam. Sejak saat itu, Miro Baldo Bento pun memiliki paspor Timor Leste dan memutuskan membela timnasnya pada 2005, walaupun sesuai regulasi FIFA ia tak boleh memperkuat timnas senior Timor Leste di laga resmi. 

Lantas, siapa sebetulnya sosok Miro Baldo Bento ini?

Baca Juga: Daftar Penyerang Timnas Indonesia yang Pernah Bobol Gawang Timor Leste

Profil Miro Baldo Bento

Sosok dengan nama lengkap Miro Baldo Bento de Araujo tersebut merupakan pria kelahiran 4 Juni 1975 di Dili, Timor Leste.

Kiprah Miro Baldo Bento di sepakbola Tanah Air dimulai di klub Galatama, Arseto Solo pada 1992. Dia merasakan atmosfer kompetisi Galatama dan Kejuaraan Antarklub ASEAN.

Setelah tim ini bubar pada 1998, Miro Baldo Bento berpetualang ke berbagai klub di Indonesia. Miro Baldo Bento sendiri akhirnya bergabung dengan PSM Makassar.

Sosok yang dulu bermain sebagai penyerang itu tampil gemilang bersama PSM. Dia menjadi bagian dari tim PSM yang menjuarai Liga Indonesia 1999/2000.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Timor Leste: Hanis Saghara Starter

 Setelah dari PSM, Miro Baldo Bento melanjutkan petualangannya ke berbagai klub di Indonesia.

Dia sempat bergabung dengan Perseden Denpasar, Persekaba Bandung, Persijap Jepara, Persmin Minahasa, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan, PSBL Langsa, hingga PSIS Semarang.

PSIS tercatat menjadi klub Indonesia terakhir yang dibela oleh Miro Baldo Bento sebelum akhirnya dia memutuskan pensiun pada tahun 2010.

Namun setelah enam tahun pensiun, Miro Baldo Bento kembali merumput di Timor Leste. Seiring bergulirnya kompetisi klub profesional pertama Timor Leste pada 2016, Miro Baldo Bento bergabung dengan klub FC Porto Taibesse.

Di usianya yang mulai menua, diketahui bahwa Miro Baldo Bento menjadi pemain sekaligus asisten pelatih di klub tersebut.

Adapun Miro Baldo Bento juga punya catatan sembilan caps bersama Timnas Indonesia. Dia bahkan menjadi bagian skuad Garuda yang menjadi runner-up Piala AFF 2000 atau saat itu masih bernama Piala Tiger.

Tercatat, Miro Baldo Bento mengoleksi 3 gol buat Timnas Indonesia yang semuanya dia cetak pada gelaran Piala Tiger 1998.

[Aditia Rizki]

Komentar