facebook

Daftar Penyerang Timnas Indonesia yang Pernah Bobol Gawang Timor Leste

Rully Fauzi
Daftar Penyerang Timnas Indonesia yang Pernah Bobol Gawang Timor Leste
Mantan penyerang Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas. [ADEK BERRY / AFP]

Timnas Indonesia siap melakoni dua laga uji coba kontra Timor Leste di FIFA Matchday.

Suara.com - Timnas Indonesia akan bersua Timor Leste di ajang FIFA Matchday. Berikut ini daftar pemain tim Garuda yang pernah membobol gawang The Crocodile --julukan Timnas Timor Leste-- di masa silam.

Timnas Indonesia akan dua kali menghadapi negara tetangganya itu dalam laga uji coba pada t27 dan 30 Januari 2022. Laga ini sendiri akan digelar di Bali, tepatnya di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar.

Timnas Indonesia sendiri membutuhkan kemenangan dari laga ini, mengingat skuad Garuda membutuhkan poin guna menaikkan ranking FIFA.

Jika berhasil meraih dua kemenangan di laga FIFA Matchday ini, yang mana Indonesia memang sangat diunggulkan menang, maka tim Merah-Putih akan naik peringkat dan bisa masuk ke pot 3 dalam drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 menggeser Singapura yang ada di ranking 160.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Timor Leste: Hanis Saghara Starter

Misi meraih kemenangan pun tak pelak menjadi barang wajib bagi Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong. Demi meraih kemenangan itu, skuad Garuda mau tak mau harus tampil menyerang dan mencetak gol.

Well, sebelum melihat para juru gedor Indonesia beraksi di laga nanti, ada baiknya kita melihat kembali kiprah para senior mereka yang sebelumnya pernah membobol gawang Timor Leste di laga internasional.

Berikut deretan pemain Timnas Indonesia yang pernah menjebol gawang Timor Leste:

1. Bambang Pamungkas

Pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Timnas Indonesia ini menjadi salah satu penyerang skuat Garuda yang kerap membobol gawang Timor Leste.

Baca Juga: Tiket Mulai Dijual, Laga Timnas Indonesia Vs Timor Leste Bakal Dihadiri Penonton

Total dua gol telah dilesakkan Bambang Pamungkas ke gawang Timor Leste yakni satu gol pada 21 November 2010 di laga uji coba dan satu gol lagi di ajang Piala AFF 2012.

2. Cristian Gonzales

Penyerang naturalisasi Indonesia, Cristian Gonzales juga berhasil mengikuti jejak Bambang Pamungkas dan melesakkan dua gol ke gawang Timor Leste.

Dua gol yang dicetak penyerang berjuluk El Loco ini dicetak pada 21 November 2010 saat Timnas Indonesia menghajar Timor Leste dengan skor 6-0 di laga uji coba.

3. Yongki Ariwibowo

Selain Bambang Pamungkas dan Cristian Gonzales, bomber Timnas Indonesia lainnya yang ikut berpesta gol ke gawang Timor Leste pada uji coba tahun 2010 lalu adalah Yongki Ariwibowo.

Mantan penyerang PSIS Semarang ini menjadi pencetak gol terakhir Timnas Indonesia dalam kemenangan besar setengah lusin gol itu.

4. Sergio van Dijk

Penyerang naturalisasi lainnya yang pernah menciptakan gol ke gawang Timor Leste adalah Sergio van Dijk. Total sebiji gol mampu dilesakkannya ke gawang tim berjuluk The Rising Sun itu.

Sergio van Dijk mampu mencetak gol ke gawang Timor Leste saat kedua negara bertemu di ajang uji coba jelang Piala AFF 2014. Ia menyumbangkan satu gol dari kemenangan 4-0 Timnas Indonesia.

5. Samsul Arif

Tak hanya penyerang naturalisasi saja, penyerang lokal seperti Samsul Arif juga tak mau ketinggalan menorehkan gol ke gawang Timor Leste.

Sama seperti Sergio van Dijk, Samsul Arif mencatatkan sebiji gol ke gawang Timor Leste saat kedua negara bertemu jelang Piala AFF 2014.

6. Beto Goncalves

Nama terakhir di daftar penyerang ganas Timnas Indonesia yang pernah membobol gawang Timor Leste adalah Beto Goncalves.

Penyerang naturalisasi ini menyumbangkan satu gol di lanjutan grup B Piala AFF 2018 saat Timnas Indonesia mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-1.

[Zulfikar Pamungkas]

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar