facebook

Timnas Indonesia Akan Masuk Pot 3 Kualifikasi Piala Asia 2023 Jika Dua Kali Menang Lawan Timor Leste

Arif Budi
Timnas Indonesia Akan Masuk Pot 3 Kualifikasi Piala Asia 2023 Jika Dua Kali Menang Lawan Timor Leste
Starting eleven Timnas Indonesia di laga leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Thailand. [ANTARA FOTO/Flona Hakim]

Timnas Indonesia wajib memenangkan dua pertandingan melawan Timor Leste jika ingin masuk pot 3 Kualifikasi Piala Asia 2023.

Suara.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam dua kali FIFA Matchday akhir Januari 2022 ini. Jika berhasil meraih kemenangan dalam dua laga itu, maka skuad Garuda akan masuk ke pot tiga Kualifikasi Piala Asia.

Kualifikasi Piala Asia 2023 akan menggunakan ranking FIFA untuk menentukan pot dalam membagi grup. Saat ini, Timnas Indonesia masuk pot 4 karena berada di posisi ke-164.

Meski begitu, anak asuh Shin Tae-yong masih bisa naik ke pot 3. Syaratnya Evan Dimas dkk wajib menang dua kali melawan Timor Leste.

Dilansir dari akun Twitter @FootyRankings pada Rabu (26/1/2022), kini sudah ada 22 peserta dari 24 yang sudah memastikan pot untuk Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: Jarang Jadi Starter di PSG, Georginio Wijnaldum Ingin Balik ke Liga Inggris

Sisanya hanya ada timnas Indonesia dan Singapura. Kini ranking FIFA The Lions ada di tempat ke-160 dengan 1000,78 poin, sedangkan skuad Garuda ada di posisi ke-164 dengan 993,96 poin.

Nah, Singapura sendiri tidak akan menjalin laga resmi FIFA. Sehinga The perolehan poin The Lions tidak akan bertambah atau berkurang.

Di sisi lain, anak asuh Shin Tae-yong bakal menjalani dua laga FIFA Matchday menghadapi Timor Leste. Jika menang, maka poinnya akan bertambah menjadi total 1001,61.

Artinya timnas Indonesia akan menempati pot 3 dan menggeser Singapura di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Hitung-hitungan timnas Indonesia masuk pot 3 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Twitter/@FootyRankings)
Hitung-hitungan timnas Indonesia masuk pot 3 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Twitter/@FootyRankings)

"22 dari 24 tim telah mengkonfirasi pot mereka. Indonesia akan berada di pot 3 jika menang dua laga melawan Timor Leste. Jika tidak, Singapura akan menjadi tim terakhir di pot 3," cuit @FootyRankings.

Baca Juga: Hasil Liga 1: Gol Telat Assanur Rijal Selamatkan Persiraja dari Keganasan Persela Lamongan

Sementara itu, acara pengundian grup dikabarkan bakal dilakukan pada 24 Februari mendatang. Kemudian pertandingan Kualifikasi Piala Asia akan digelar pada Juni.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar