facebook

Marc Klok Puji Habis Shin Tae-yong, Bandingkan Karakternya dengan Pelatih Indonesia

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Marc Klok Puji Habis Shin Tae-yong, Bandingkan Karakternya dengan Pelatih Indonesia
Momentum akrabnya Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Pemain Persib Bandung Marc Klok di Stadion Ngurah Rai, Bali, Kamis (13/1/2022). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Marc Klok menilai Shin Tae-yong bisa memajukan timnas Indonesia.

Suara.com - Gelandang naturalisasi milik Persib Bandung, marc Klok memuji habis pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Menurutnya, juru taktik asal Korea Selatan itu punya karakter yang berbeda dengan pelatih asal Indonesia.

Marc Klok menyebut Shin Tae-yong punya kepribadian yang kuat. Mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu juga disebut memiliki tingkat disiplin yang tinggi.

"Coach Shin Tae-yong punya mindset beda dari orang Indonesia, dia punya disiplin tinggi. Saya sangat suka karena saya pikir kalau pemain ada di zona nyaman sulit bisa diperbaiki,” kata Marc Klok dikutip dari kanal YouTube PSSI.

“Saya pikir dengan gaya dan filosofi dia, kami bisa keluar dari zona nyaman Kami belajar di setiap latihan dan pertandingan untuk perbaiki kualitas,” sambungnya.

Baca Juga: Tak Masuk Skuad Timnas Indonesia kontra Bangladesh, Bagaimana Nasib Jordi Amat dan Sandy Walsh?

Marc Klok menyampaikan pandangannya terkait Shin Tae-yong pasca menjalani tugas bersama timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Itu merupakan kesempatan pertama Marc Klok diasuh Shin Tae-yong hingga menjalani debut perdananya bersama timnas Indonesia di ajang resmi.

Pesepakbola Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri (tengah) merayakan gol bersama gelandang Marc Klok (kanan). [ANTARA FOTO/Zabur Karuru]
Pesepakbola Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri (tengah) merayakan gol bersama gelandang Marc Klok (kanan). [ANTARA FOTO/Zabur Karuru]

Mantan gelandang Persja Jakarta itu langsung jadi andalan Shin Tae-yong di lini tengah. Dia tak pernah absen dalam enam pertandingan Indonesia di SEA Games dan membantu skuad Garuda Muda merebut medali perunggu.

Klok sebelumnya menyuarakan hal serupa saat diwawancarai media asal Vietnam, Thethao247. Ia mengaku dapat pelajaran berhargadari Shin Tae-yong.

"Gaya kepelatihan dan filosofinya juga berbeda dari siapa pun yang saya kenal. Shin Tae-yong sangat kuat. Saya juga belajar banyak. Saya pikir disiplin dan kerja sama tim adalah yang dibutuhkan Indonesia," terang Klok.

Baca Juga: 5 Hits Bola: Shin Tae-yong Panggil 29 Pemain ke Timnas Indonesia, Satu Nama Ini Bikin Netizen Girang

“Ketika kami memiliki basis pemain yang bagus, coach Shin telah membawa itu meskipun prosesnya tidak mudah, terutama ketika menghadapi lawan yang kuat dan membutuhkan sedikit lebih banyak keberuntungan,” pungkasnya.

Komentar