facebook

Tak Masuk Skuad Timnas Indonesia kontra Bangladesh, Bagaimana Nasib Jordi Amat dan Sandy Walsh?

Arief Apriadi
Tak Masuk Skuad Timnas Indonesia kontra Bangladesh, Bagaimana Nasib Jordi Amat dan Sandy Walsh?
Pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh makan malam bersama pengurus PSSI, Selasa (17/5/2022). [PSSI]

Proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat belum rampung kendati Kualifikasi Piala Asia 2023 akan segera bergulir.

Suara.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah memanggil 29 pemain untuk berlaga di FIFA Matchday kontra Bangladesh pada awal Juni mendatang. Namun, tak ada nama Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Sebanyak 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong adalah kombinasi dari skuad SEA Games 2021 dan beberapa penggawa anyar, termasuk Stefano Lilipaly.

Meski demikian, komposisi pemain itu jadi sorotan lantaran dua pemain keturunan yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat tidak ada. Padahal, mereka diproyeksi untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Memang, proses naturalisasi kedua pemain belum rampung kendati Sandy dan Jordi telah menyambangi Indonesia untuk mempercepat perubahan status kewarganegaraan mereka.

Baca Juga: Jelang Laga FIFA - Kualifikasi Piala Asia, Shin Tae-yong Panggil 29 Pemain, Ada Stefano Lilipaly Hingga Pratama Arhan

Namun, mengingat lawan Bangladesh merupakan salah satu persiapan terakhir timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Asia 2023, ketiadaan Sandy Walsh dan Jordi Amat dalam skuad Garuda jadi kekhawatiran tersendiri.

Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Bangladesh dalam laga uji coba bertajuk FIFA Matchday pada 1 Juni mendatang, dan Kualifikasi Piala Asia 2023 akan berlangsung sepekan kemudian tepatnya 8 Juni 2022.

Dua pemain keturunan calon naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat (kanan) dan Sandy Walsh (kiri) menjalani tes medis di Jakarta, Selasa (17/5/2022). [PSSI]
Dua pemain keturunan calon naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat (kanan) dan Sandy Walsh (kiri) menjalani tes medis di Jakarta, Selasa (17/5/2022). [PSSI]

Di Kualifikasi Piala Asia 2023, timnas Indonesia tergabung di Grup A. Tim asuhan Shin Tae-yong tergabung bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Laga kontra Kuwait akan berlangsung pada Rabu, 8 Juni 2022 untuk kemudian menghadapi Yordania pada 12 Juni dan Nepal 15 Juni 2022.

Selain Sandy dan Jordi, PSSI bersama pemerintah Indonesia juga tengah mengusahakan untuk menaturalisasi satu pemain keturunan lain yakni Shayne Pattynama.

Baca Juga: Bintang PSIS Semarang Kembali Masuk Skuad Timnas Indonesia, Kali Ini untuk Hadapi Bangladesh

Komentar