facebook

Menpora: Piala AFF Jadi Modal Timnas Indonesia U-19 Hadapi Piala Dunia U-20 2023

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Menpora: Piala AFF Jadi Modal Timnas Indonesia U-19 Hadapi Piala Dunia U-20 2023
Para pemain Timnas Indonesia U-19. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

Agenda terdekat untuk Timnas Indonesia U-19 adalah Piala AFF U-19 2022.

Suara.com - Timnas Indonesia U-19 akan tampil di Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Jakarta dan Bekasi mulai 2-15 Juli mendatang. Menpora Zainudin Amali berpesan kejuaraan ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh tim Garudna Nusantara.

Adapun Timnas Indonesia U-19 berada di Grup A Piala AFF U-19 bersama Vietnam, Myanmar, Thailand, Filipina, dan Timor Leste. 

Skuad Garuda Nusantara ditargetkan menjadi juara dalam kejuaraan tersebut. Pasalnya, tim asuhan Shin Tae-yong ini akan bermain di depan publik sendiri.

Menpora berharap Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bisa memberikan penampilan yang terbaik. Apalagi, skuad Timnas U-19 saat ini merupakan cikal bakal untuk Piala Dunia U-20 2023 yang juga akan dihelat di Tanah Air.

Baca Juga: Tak Bawa Pemain Terbaik, Pelatih Vietnam U-19 Ungkap Targetnya di Piala AFF U-19 2022

"Tentu saya berharap ini kan anak-anak yang disiapkan buat tampil di Piala Dunia U-20 2023. Ini menjadi tempat mereka bisa uji coba," kata Menpora saat ditemui di Gedung Kemenpora, Jakarta.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat ditemui di Gedung Kemenpora. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

"Tentu bisa melakukan pertandingan di AFF itu berarti mereka bisa merasakan atmosfer pertandingan yang sesungguhnya," sambungnya.

Lebih lanjut, Menpora mengaku sering mendapat laporan terkait perkembangan para pemain Timnas Indonesia U-19. Seperti dua laga uji coba yang telah dilalui kontra tim muda Persija Jakarta dan Bhayangkara FC.

Dalam pertandingan itu, Timnas Indonesia U-19 imbang kontra Persija, lalu kalah dari Bhayangkara FC. Disebutkan Zainudin, para pemain sedang digenjot agar kemampuannya bisa meningkat.

"Kalau yang uji coba kemarin lawan Persija dan Bhayangkara FC kan pertandingan persahabatan. Tapi, saya dapat informasi digenjot betul saat ini," ucap Menpora.

Baca Juga: Vietnam U-19 Alami Masalah Sebelum Terbang ke Indonesia untuk Piala AFF U-19 2022

"Tapi, yang sesungguhnya kan di Piala AFF. Saya berharap anak-anak tampil bagus dan harapan kita karena akan tampil di 2023, Piala Dunia U-20," pungkasnya.

Komentar