facebook

Belum Ada Langkah Signifikan Barcelona di Bursa Transfer, Xavi Hernandez Mulai Khawatir

Syaiful Rachman
Belum Ada Langkah Signifikan Barcelona di Bursa Transfer, Xavi Hernandez Mulai Khawatir
Reaksi pelatih Barcelona, Xavi Hernandez selama pertandingan babak 16 besar Copa del Rey (Piala Raja) antara Athletic Bilbao vs Barcelona di stadion San Mames di Bilbao pada 21 Januari 2022. CESAR MANSO / AFP.

Xavi Hernandez berharap belanja pemain akan membuat Barcelona lebih kompetitif musim depan.

Suara.com - Para pemain Barcelona diberikan libur setelah pertandingan persahabatan 25 Mei 2022 di Australia dan akan kembali berlatih pada hari Senin (4/7/2022).

Sejak mengambil alih kepemimpinan Barcelona dari Ronaldo Koeman sebagai pelatih pada November tahun lalu, bisa dikatakan skuad yang ada tidak berubah dan Xavi Hernandez semakin khawatir.

Untuk meningkatkan persaingan dalam skuad dan keinginan untuk tampil kompetitif demi memperebutkan trofi, Xavi meminta perombakan skuad secara signifikan kepada petinggi Barcelona.

Xavi Hernandez saat mengawasi sesi latihan pemain Barcelona. [AFP]
Xavi Hernandez saat mengawasi sesi latihan pemain Barcelona. [AFP]

Sang pelatih menyadari situasi klub yang menantang, tetapi dia dengan cemas menunggu kabar dari Presiden Barcelona Joan Laporta dan para eksekutif lainnya.

Baca Juga: Frenkie de Jong Sudah Siap Lahir Batin Berkostum Merah Manchester United

"Sekarang pekerjaan dimulai, dan itu mungkin lebih penting daripada apa yang terjadi di lapangan," kata Xavi.

“Kami harus meningkatkan dan memperkuat semua lini untuk bisa bersaing. Kami harus mengubah banyak hal," sambungnya dikutip Marca, Kamis (30/6/2022).

“Presiden, Mateu [Alemany], Jordi [Cruyff] memberi tahu saya bahwa perubahan mungkin terjadi. Kami telah bertemu dan kami yakin kami dapat memperkuat diri kami dengan baik."

"Di klub besar seperti Barcelona, Anda harus banyak berubah ketika Anda tidak memenangkan gelar."

Namun hingga saat ini perubahan signifikan yang diharapkan Xavi belum juga nampak. Ferran Jutgla dan Philippe Coutinho telah pergi, bersama dengan para pemain yang kontrak dan pinjamannya habis di akhir musim: Adama Traore dan Luuk de Jong.

Baca Juga: Frenkie de Jong ke Manchester United, Barcelona Pertimbangkan Bawa Pulang Arthur Melo dari Juventus

Kontrak Dani Alves juga telah berakhir, dan Barcelona telah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mantan rekan Xavi tersebut.

Sementara itu sejumlah pemain yang sebelumnya dipinjamkan ke klub lain kembali. Mereka adalah Miralem Pjanic, Inaki Pena, Alex Collado dan Francisco Trincao.

Namun kembalinya para pemain 'buangan' di musim panas tahun lalu tersebut juga akan diiringi dengan kepergian sejumlah pemain.

Sebut saja Clement Lenglet, Riqui Puig, Samuel Umtiti, Martin Braithwaite, Oscar Mingueza, dan Frenkie de Jong.

Komentar