facebook

Termasuk Shin Tae-yong, Pelatih Ramai-ramai Kritik Jadwal Padat Piala AFF U-19 2022

Arief Apriadi
Termasuk Shin Tae-yong, Pelatih Ramai-ramai Kritik Jadwal Padat Piala AFF U-19 2022
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong saat memberikan keterangan, Jumat (1/7/2022). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

"Mungkin untuk turnamen AFF berikutnya, harus ada jeda dua tiga hari di setiap pertandingan," kata Shin Tae-yong.

Suara.com - Padatnya jadwal pertandingan Piala AFF U-19 2022 mengundang kritik dari para pelatih negara-negara peserta termasuk Shin Tae-yong selaku juru taktik timnas Indonesia U-19.

Piala AFF U-19 2022 akan berlangsung di Jakarta dan Bekasi dari 2-15 Juli 2022. Merujuk laman resmi Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), ASEAN Football, jadwal padat sudah menanti 11 tim peserta.

Hampir semua tim diketahui harus memainkan laga penyisihan grup setiap dua hari sekali. Kondisi itu bikin waktu istirahat pemain kian singkat dan menyulitkan secara fisik.

Shin Tae-yong menyebut jadwal Piala AFF U-19 2022 terlalu padat. Dia berharap penyelenggara bisa mempertimbangkan masukan para pelatih untuk edisi Piala AFF U-19 mendatang.

Baca Juga: Pelatih Vietnam Khawatir Kehadiran Suporter Timnas Indonesia U-19 Bakal Bikin Mental Pemain Down

“Untuk pemain pasti lelah dan sulit. Tapi, periode turnamen memang singkat dan mau tidak mau harus dipaksakan," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga, Jumat (1/7/2022).

“Mungkin untuk turnamen AFF berikutnya, harus ada jeda dua tiga hari di setiap pertandingan,” tambahnya.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong saat konferensi pers jelang Piala AFF U-19 2022. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong saat konferensi pers jelang Piala AFF U-19 2022. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Hal serupa juga dikatakan pelatih Thailand U-19, Salvador Garcia. Dia menyebut pihaknya harus pintar-pintar melakukan rotasi karena padatnya jadwal pertandingan.

"Bagi kami, rotasi akan menjadi kunci mengingat jumlah pertandingan di fase grup," ujar Salvador Garcia dikutip dari laman resmi ASEAN Football, Sabtu (2/7/2022).

Lebih jauh, pelatih Vietnam Dinh The Nam juga setuju dengan pendapat Shin Tae-yong dan Garcia. Jadwal Piala AFF U-19 2022 sangat sulit untuk semua tim.

Baca Juga: Jelang Piala AFF U-19 2022, Asisten Timnas Indonesia U-19 Beri Suntikan Motivasi

“Ini adalah situasi yang sulit karena harus memainkan begitu banyak pertandingan dalam waktu singkat," ujar Dinh The Nam.

"Tapi masalah ini dihadapi oleh semua tim di sini, jadi kami harus mempersiapkan sebaik mungkin yang berarti kami harus memanfaatkan semua pemain yang ada.”

Timnas Indonesia U-19 sendiri akan memulai petualangannya di Piala AFF U-19 2022 dengan menghadapi Vietnam dalam matchday pertama Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022) pukul 20.30 WIB.

Komentar