3 Alasan Timnas Indonesia U-20 Bisa Bangkit Lawan Slovakia Usai Dilibas Prancis Setengah Lusin Gol

Rully Fauzi
3 Alasan Timnas Indonesia U-20 Bisa Bangkit Lawan Slovakia Usai Dilibas Prancis Setengah Lusin Gol
Bek Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner (tengah) menggiring bola pada laga persahabatan kontra Prancis U-20 di Pinatar Arena, Murcia, Spanyol, Jumat (18/11/2022) dini hari WIB, yang berakhir dengan skor 6-0 untuk kemenangan Prancis. [ANTARA/HO-PSSI]

Timnas Indonesia U-20 akan menjajal kekuatan Slovakia U-20 di Spanyol, Sabtu (19/11/2022) malam WIB.

Suara.com - Berikut tiga alasan mengapa Timnas Indonesia U-20 bisa bangkit di laga lanjutan melawan Slovakia U-20 usai tumbang dengan skor telak dari Prancis U-20.

Timnas Indonesia U-20 harus mengawali training camp (TC) di Spanyol dengan hasil buruk, usai tumbang dari Prancis U-20 dengan skor mencolok, Jumat (18/11) dini hari WIB.

Dalam duel di ajang eksibisi Costa Calida Region de Murcia Football Week itu, Timnas Indonesia U-20 harus menelan kekalahan 0-6 dari lawannya.

Prancis U-20 mampu menggelontorkan enam gol, masing-masing lewat tiga gol di paruh pertama dan tiga gol di babak kedua.

Baca Juga: Bukan Menolak, Ini Alasan Shin Tae-yong Belum Bisa Ngobrol Langsung dengan Thomas Doll

Sejatinya, jumlah gol ini bisa bertambah andai Prancis U-20 mampu memanfaatkan setiap peluang, termasuk penalti kedua yang didapat di paruh kedua.

Pasca menghadapi Prancis U-20, skuad Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-20-- akan kembali menghadapi tim kuat Eropa lainnya di Costa Calida Region de Murcia Football Week pada akhir pekan ini.

Pada Sabtu (19/11/2022) malam WIB, lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-20 adalah Slovakia, tim kontestan Piala Dunia U-20 2023 yang akan dihelat di Tanah Air, sama seperti Prancis.

Meski lawan yang dihadapi memiliki level yang relatif sama dengan Prancis U-20, ada beberapa alasan Timnas Indonesia U-20 tak akan lagi terbantai, dan bahkan bisa bangkit saat berhadapan dengan Slovakia U-20.

Apa saja alasannya?

Baca Juga: Dikabarkan Segera ke Indonesia, Jude Bellingham Siap Beraksi dengan Shin Tae Yong dan Timnas?

1. Fisik Lebih Mumpuni

Persoalan fisik menjadi alasan terbesar mengapa Timnas Indonesia U-20 harus tumbang dengan skor telak dari Prancis U-20.

Pasalnya, Timnas Indonesia U-20 masih belum sepenuhnya bugar karena baru tiba dari Spanyol. Sehingga fisiknya masih terkuras sepanjang perjalanan.

Di laga melawan Slovakia U-20 nanti, Timnas Indonesia U-20 pun akan memiliki fisik yang lebih mumpuni ketimbang saat melawan Prancis. Hal ini pun bisa membuat skuad Garuda Nusantara tampil maksimal dan bangkit.

2. Pelajaran Penting di Laga Kontra Prancis

Di laga melawan Slovakia U-20 nanti, Timnas Indonesia U-20 diyakini akan lebih siap ketimbang seperti saat melawan Prancis U-20.

Saat melawan Prancis U-20, Timnas Indonesia U-20 mendapat beberapa pelajaran penting seperti memperbaiki kemampuan mengoper dan ketenangan saat menguasai bola.

Tiga hal ini jelas akan diperbaiki Shin Tae-yong jelang laga kontra Slovakia U-20, sehingga Timnas Indonesia U-20 tak akan mengulangi kesalahan yang sama seperti di laga kontra Prancis U-20.

3. Mental Bertanding yang Lebih Baik

Menyongsong laga melawan Slovakia U-20, Timnas Indonesia U-20 diyakini akan memiliki mental bertanding lebih baik ketimbang melawan Prancis U-20.

Mental bertanding ini akan menjadi fokus Shin Tae-yong agar anak asuhnya tak lagi membuat banyak kesalahan dan siap mengimbangi level lawan.

Pelajaran soal mental bertanding ini diyakini telah dipahami para penggawa Timnas Indonesia U-20 usai takluk dari Prancis, sehingga bisa menjadi modal untuk bangkit di laga kontra Slovakia U-20.

[Felix Indra Jaya]