Mengapa Timnas Brasil Dijuluki 'Canarinha' dan Warna Jersey Kuning?

Ruth Meliana Dwi Indriani
Mengapa Timnas Brasil Dijuluki 'Canarinha' dan Warna Jersey Kuning?
Arsip - Neymar (kedua kanan) melakukan selebrasi usai cetak gol kedua Brazil dalam pertandingan perdana Copa America 2021 lawan Venezuela di Mane Garrincha Stadium, Brasilia pada 14 Juni 2021. ANTARA/AFP/NELSON ALMEIDA/pri.

Tidak ada negara lain di dunia yang memiliki hubungan dengan sepakbola seperti halnya Brasil. Di sana, permainan sepak bola yang indah itu sakral, sebuah agama.

Suara.com - Tidak ada negara lain di dunia yang memiliki hubungan dengan sepakbola seperti halnya Brasil. Di sana, permainan sepak bola yang indah itu sakral, sebuah agama, sementara negara lain memandangnya sebagai jalan pelarian ekonomi atau sosial.

Karena fakta ini, orang Brasil sering dianggap sebagai pesepakbola alami terbaik. Negara ini menciptakan 'Joga Bonito' dan dianggap sebagai tempat kelahiran pemain terbaik dalam sejarah, mereka juga memiliki cap yang jelas: jersey kuning khas mereka.

Tim nasional Brasil juga dikenal dengan berbagai julukan, seperti 'Scratch du Oro', 'Cerdeamarela' atau 'Canarinha', semuanya berasal dari tahun 1950-an.

Lantas apa asal usul julukan Canarinha dan mengapa Brasil memakai warna kuning?

Baca Juga: Intip Pesona Gadis Samba, WAGs Brasil di Piala Dunia 2022: Ada Dokter dan Ahli Nuklir Bertubuh Aduhai

Menyadur Marca, Brasil adalah tim yang paling banyak berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFA, tidak pernah melewatkan satu turnamen pun.

Mereka juga juara Piala Dunia lima kali, sesuatu yang belum pernah dilakukan negara lain. Kemenangan terakhir mereka terjadi pada tahun 2002, di Korea Selatan dan Jepang, dan sejak saat itu mereka mengincar kemenangan Piala Dunia keenam mereka.

Mengapa mereka disebut Canarinha?

Asal usul nama panggilan dan warna jersey berjalan beriringan, karena ada suatu masa ketika mereka bukan 'Canarinha' dan tidak memakai warna kuning. Itu semua terjadi melalui noda pada sejarah sepak bola Brasil.

Pada Piala Dunia 1950 di Brasil, semuanya tersedia bagi negara tuan rumah untuk memenangkan turnamen. Namun, di final melawan Uruguay, hal yang tak terpikirkan terjadi dengan tuan rumah kalah 2-1. Hal ini memaksa federasi sepak bola Brasil merombak identitas timnas.

Baca Juga: Portugal vs Ghana, Fans Black Stars Doakan Ronaldo Mandul: Tidak Ada "SUII" Hari Ini!

Mengapa Brasil memakai jersey warna kuning?

Pada tahun 1953, sebuah kompetisi diluncurkan untuk Brasil untuk mengirimkan desain mereka untuk dipakai tim, karena jersey mereka saat ini tidak mengekspresikan "vitalitas negara", menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah FuLIA dari Universitas Federal Minas, Gerais.

Sampai saat itu, seragam Brasil merupakan perpaduan antara putih dan biru.

Perlombaan desain jersey pun diluncurkan oleh surat kabar, Correio da Manha, dan persyaratan warna jersey yang harus digunakan: kuning, hijau, biru dan putih, warna bendera.

Pada akhirnya, pemenangnya adalah kaos yang warnanya kuning kenari. Maka, Canarinha yang diterjemahkan menjadi burung kenari menjadi julukan yang dianugerahkan kepada timnas Brasil.