Prediksi Kamerun vs Brasil di Grup G Piala Dunia 2022: Misi Super Sulit The Indomitable Lions

Arsito Hidayatullah
Prediksi Kamerun vs Brasil di Grup G Piala Dunia 2022: Misi Super Sulit The Indomitable Lions
Ilustrasi. Prediksi pertandingan Kamerun vs Brasil di Grup G Piala Dunia 2022. [Suara.com]

Kamerun harus menghadapi misi super sulit di laga terakhir di Grup G Piala Dunia 2022: menang melawan Brasil. Bagaimana peta kekuatannya, dan apakah ini misi mustahil?

Suara.com - Kamerun yang sebelum dimulainya putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar sempat dianggap "kuda hitam" yang bisa merepotkan dua negara Eropa, Swiss dan Serbia, di tengah persaingan Grup G bersama Brasil, sejauh ini ternyata masih kesulitan.

Kesulitan sudah langsung mereka rasakan di penampilan perdananya, di mana kendati para pemain tim berjulukan The Indomitable Lions (Singa-Singa Tangguh) itu tampil energik dan cukup apik, mereka harus kalah tipis 0-1 di tangan Swiss. Lebih menyakitkan karena gol Swiss saat itu dicetak Breel Embolo, pemain yang juga berdarah Kamerun.

Di pertandingan kedua, berhadapan dengan tim asal Eropa Timur, Serbia, 'anak-anak singa' Kamerun terlihat lebih menggigit, meski hasil akhir juga belum mencatatkan poin penuh. Skor 3-3 jadi penutup laga di mana mereka sempat memimpin 1-0, lalu tertinggal hingga 1-3, sebelum kemudian mampu kembali menyamakan kedudukan.

Kini, kesulitan yang bukan sekadar sulit, melainkan super sulit, kembali harus dihadapi Kamerun di pertandingan terakhir penyisihan grup. Tim asuhan Rigobert Song harus berhadapan dengan tim juara dunia Brasil yang sejauh ini sudah memastikan maju ke 16 Besar usai dua kali menang di Grup G, dengan misi justru harus meraih kemenangan jika ingin lolos.

Baca Juga: Mengenang Piala Dunia U-20 1979: Ketika Maradona Obok-obok Timnas Indonesia

Bahkan sekadar menang pun --jika ternyata mereka mampu menang-- atas Brasil, belum menjamin Kamerun lolos. Jika Swiss bisa menang di pertandingan lainnya lawan Serbia, maka akan sia-sia kemenangan Kamerun. Sedangkan jika Serbia vs Swiss berakhir imbang, atau Serbia yg menang, perlu dilihat catatan selisih golnya untuk memastikan siapa yang lolos.

Singkatnya, jika ingin menjaga peluang lolos, Kamerun tidak saja harus menang atas Brasil, tapi sebaiknya menang dengan skor besar untuk amannya. Mustahil? Tentu tidak. Tapi jelas, ini misi super sulit.

Ya, siapa yang tidak kenal Brasil, tim yang sudah lima kali meraih trofi Piala Dunia. Belum lagi jika melihat kemenangan demi kemenangan yang mereka catatkan, tidak saja di berbagai pertandingan menjelang gelaran Piala Dunia di Qatar ini, tapi dalam penyisihan Grup G sejauh ini.

Rigobert Song bukan tidak sadar akan hal itu. Tapi, sebagaimana antara lain dikutip BBC, tidak saja menolak gentar, dia mengaku tidak memikirkan hal itu.

Pemain Kamerun Vincent Aboubakar rayakan gol ke gawang Serbia dalam pertandingan kedua Grup G Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Senin (28/11/2022). [AFP]
Pemain Kamerun Vincent Aboubakar (tengah) merayakan gol ke gawang Serbia dalam pertandingan kedua mereka di Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Senin (28/11/2022). [AFP]

"Sehubungan apa yang dipertaruhkan (dalam pertandingan) besok, kami sudah tahu betul (bagaimana kekuatan) skuad Brasil ini. Tapi kami tidak mengkhawatirkan apa yang akan mereka tampilkan; ini soal apa yang akan kami tampilkan di pertandingan," ungkapnya.

Baca Juga: Profil Jang Hyun-soo, Pemain yang Dicoret dari Timnas Korsel Seumur Hidup Gara-gara Bikin Shin Tae-yong Pusing

"Saya tidak terlalu peduli soal apa yang akan mereka lakukan; ini tentang kami. Kami (saat ini) mempersiapkan diri seolah kami akan tampil di final," tegas Song.

Di kubu sebaliknya, pelatih Brasil, Tite, juga mengaku tidak mau bersantai begitu saja, atau justru sudah lebih cenderung memikirkan pertandingan yang menunggu di fase knock-out.

"Kami memiliki 26 pemain hebat, dan saya tidak punya waktu untuk fokus pada gambaran (pertandingan lain) lebih besar (di luar ini)," ujar Tite.

"Kami akan melakukan beberapa perubahan (pemain), termasuk pemain-pemain kunci. Dalam dua pertandingan (seajuh ini) kami sudah memainkan 19 pemain. Kami tidak menyebutnya starter atau pemain pengganti; mereka semua adalah pemain (tim ini)," tambahnya.

Akan berhasilkan Kamerun menjalankan misi super sulitnya ini? Silakan ditunggu, karena jawaban pastinya baru akan muncul di pertandingan malam nanti. Meski mungkin hampir semua orang meyakini bahwa "singa-singa tangguh" Afrika itu akan gagal dan tersingkir, kembali kalah di tangan Brasil.

Kondisi Tim

Kamerun:
Salah satu tambahan kesulitan bagi Kamerun di laga malam ini adalah absennya kiper utama Andre Onana, yang harus pulang lebih awal karena "masalah disiplin" (konon akibat perseteruan dengan sang pelatih). Posisinya kemungkinan diisi Devis Epassy. Sementara di lini depan, Vincent Aboubakar yang kemarin ikut mencetak gol, kemungkinan dimainkan dari awal.

Brasil:
Bukan sekadar sebagai strategi rotasi, beberapa pemain Brasil sudah dipastikan absen di laga ini karena cedera. Alex Sandro adalah salah satu yang terbaru, bermasalah dengan kondisi pinggulnya. Juga ada Danilo. Yang lebih parah adalah Neymar, yang masih harus absen gegara cedera engkel, bahkan dikhawatirkan akan beristirahat lebih lama. Ada kemungkinan Dani Alves dimainkan, tapi itu akan tergantung apakah dia sudah benar-benar fit.

Pemain Timnas Brasil Neymar cedera saat menghadapi Serbia di Piala Dunia 2022 (AFP)
Pemain Timnas Brasil, Neymar yang cedera saat menghadapi Serbia di Piala Dunia 2022. [AFP]

Data Pertandingan Kamerun vs Brasil di Grup G Piala Dunia 2022

Venue: Stadion Lusail, Al Daayen
Wasit: Ismail Elfath (AS)
Waktu Kick-off: 02.00 WIB (3 Desember 2022)
Siaran Langsung: SCTV, Vidio, Moji, ChampionsTV-1

Head to Head Kamerun vs Brasil

21 Nov 2018: Brasil vs Kamerun 1-0 (Uji Coba)
24 Jun 2014: Kamerun vs Brasil 1-4 (Piala Dunia)
20 Jun 2003: Brasil vs Kamerun 0-1 (Konfederasi)
31 Mei 2001: Brasil vs Kamerun 2-0 (Konfederasi)
13 Nov 1996: Brasil vs Kamerun 2-0 (Uji Coba)
25 Jun 1994: BraSil vs Kamerun 3-0 (Piala Dunia)

Hasil 5 Pertandingan Terakhir

Kamerun
28 Nov 2022: Kamerun vs Serbia 3-3 (S)
24 Nov 2022: Swiss vs Kamerun 1-0 (K)
18 Nov 2022: Kamerun vs Panama 1-1 (S)
10 Nov 2022: Kamerun vs Jamaica 1-1 (S)
27 Sep 2022: Korsel vs Kamerun 1-0 (K)

Brasil
28 Nov 2022: Brasil vs Swiss 1-0 (M)
25 Nov 2022: Brasil vs Serbia 2-0 (M)
28 Sep 2022: Brasil vs Tunisia 5-1 (M)
24 Sep 2022: Brasil vs Ghana 3-0 (M)
06 Jun 2022: Jepang vs Brasil 0-1 (M)

Perkiraan Susunan Pemain Kamerun vs Brasil di Grup G Piala Dunia 2022

Kamerun (4-3-3): 16-Devis Epassy; 19-Collins Fai, 3-Nicolas N'Koulou, 21-Jean-Charles Castelletto, 25-Nouhou Tolo; 8-Andre-Frank Zambo Anguissa, 15-Pierre Kunde, 18-Martin Hongla; 10-Vincent Aboubakar, 13-Eric Maxim Choupo-Moting (C), 12-Karl Toko Ekambi
Pelatih: Rigobert Song

Brasil (4-3-3): 1-Alisson; 14-Eder Militao, 4-Marquinhos, 3-Thiago Silva (C), 16-Alex Telles; 5-Casemiro, 17-Bruno Guimaraes, 7-Lucas Paqueta; 19-Antony, 18-Gabriel Jesus, 20-Vinicius Jr
Pelatih: Tite

Sumber data: FIFA, Soccerway, Sportsmole