Duel Klasik Belanda Vs Argentina Di Perempatfinal Piala Dunia 2022: Menanti Balas Dendam De Oranje

Bangun Santoso
Duel Klasik Belanda Vs Argentina Di Perempatfinal Piala Dunia 2022: Menanti Balas Dendam De Oranje
Logo Piala Dunia Qatar 2022 (FIFA)

Argentina menjadi mimpi buruk Belanda di Piala Dunia 2014, De Oranje disingkirkan di semifinal lewat drama adu penalti

Suara.com - Timnas Belanda dan Argentina sudah memastikan diri lolos ke babak perempatfinal Piala Dunia 2022 Qatar. Kedua tim melaju usai menumbangkan lawannya masing-masing.

Belanda menjadi tim pertama yang menjejakkan diri di babak perempatfinal Piala Dunia 2022 usai mengandaskan perlawanan Amerika Serikat dengan skor 3-1.

Bek sayap klub Inter Milan, Denzel Dumfries tampil sebagai pemain terbaik di laga Belanda vs Amerika Serikat. Ia mencetak satu gol apik plus didahului dengan dua assist ciamik.

Gol pertama Belanda dicetak di menit ke-10 babak pertama oleh Memphis Depay lewat sepakan kaki kanan usai memanfaatkan umpan tarik Denzel Dumfries dari sisi kiri pertahanan Amerika Serikat.

Baca Juga: Mengenang Piala Dunia U-20 1979: Ketika Maradona Obok-obok Timnas Indonesia

Gol kedua dicetak Daley Blind di menit 45+1 lagi-lagi lewat skema sama umpat tarik dari Denzel Dumfries lalu diselesaikan dengan sepakan keras mendatar.

Amerika Serikat sempat menghidupkan asa mengejar ketertinggalan di babak kedua lewat gol yang dicetak pemain pengganti Haji Wright di menit 76.

Sayang, mereka justru kembali tertinggal jadi 3-1 usai Denzel Dumfries menutup tiga gol Belanda lewat sepakan first time usai menyelesaikan umpan manis Daley Blind. De Oranje pun memastikan diri jadi tim pertama lolos perempatfinal Piala Dunia 2022.

Dua jam kemudian giliran Argentina vs Australia, bertanding di Ahmad bin Ali Stadium, Lionel Messi tampil menjadi bintang kemenangan Albiceleste dengan skor 2-1.

Pemain senior dari klub Prancis PSG itu membuka kebuntuan lewat golnya di menit 35. Ia berkali-kali mengobrak-abrik pertahanan Australia.

Baca Juga: Profil Jang Hyun-soo, Pemain yang Dicoret dari Timnas Korsel Seumur Hidup Gara-gara Bikin Shin Tae-yong Pusing

Gol kedua Argentina dicetak oleh striker dari Manchester City, Julian Alvarez di menit 57. Australia sempat menghidupkan asa lewat sebuah gol bunuh diri pemain Argentina Jeremias Fernandez di menit 77.

Di 10 menit terakhir, Argentina banyak mendapatkan peluang, sayang finishing para pemainnya 'bapuk' hingga skor tetap berkesudahan 2-1. Argantina akhirnya memastikan diri menyusul Belanda maju ke perempatfinal Piala Dunia 2022.

Head To Head Argentina Vs Belanda

Jika menilik tiga pertemuan terakhir Argentina vs Belanda, Tim Tango unggul. Terakhir kedua tim bertemu adalah di semifinal Piala Dunia 2014. Saat itu, Lionel Messi cs menang lewat drama adu penalti setelah laga normal dan tambahan waktu tetap berkesudahan 0-0.

Kemudian di Piala Dunia 2006, Argentina vs Belanda bertemu di babak penyisihan grup dengan skor sama kuat 0-0.

Lalu di 2003 kedua tim bersua dalam laga persahabatan. Di mana Belanda keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 1-0.

Laju Tim Di Piala Dunia 2022

Namun jika dilihat dari perjalanan kedua tim, Belanda sedikit lebih mantap. Mereka belum sekalipun terkalahkan di ajang Piala Dunia 2022 sejauh ini.

Dalam empat pertandingan terakhir, merka cuma sekali imbang 1-1 saat bersua Ekuador di pertandingan kedua penyisihan grup. Sebelumnya mereka mengawali Piala Dunia dengan kemenangan 0-2 atas Senegal.

Mereka juga menang dengan skor sama 2-0 di laga ketiga menghadapi tuan rumah Qatar. Terakhir adalah semalam, De Oranje melibas Amerika Serikat dengan skor 3-1.

Sementara itu laju Argentina justru diawali dengan kekalahan memalukan usai tumbang 1-2 di tangan Arab Saudi. Namun setelahnya Messi cs ngegas, menang 2-0 di pertandingan kedua melawan Meksiko, lalu melibas Polandia dengan skor identik dan terakhir menumbangkan Australia dengan skor 2-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Patut ditunggu, siapa bakal keluar jadi tim pertama lolos semifinal Piala Dunia 2022, akankah Belanda bisa membalas saat mereka disingkirkan di Piala Dunia 2014 lalu atau justru Argentina yang kembali mengulang langkah mereka mengatasi Belanda.