Daftar Pelatih Paling Sering Kalahkan Shin Tae-yong, Ada Eks Pelatih Timnas Vietnam

Arief Apriadi
Daftar Pelatih Paling Sering Kalahkan Shin Tae-yong, Ada Eks Pelatih Timnas Vietnam
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berhadap-hadapan dengan pelatih Vietnam, Park Hang-seo dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023). [PSSI]

Shin Tae-yong telah berkecimpung di dunia kepelatihan sejak 2004 dan beberapa sosok ini kerap membuat timnya bertekuk lutut.

Suara.com - Shin Tae-yong dikenal sebagai salah satu pelatih bertalenta dari Asia. Meski demikian, dirinya juga tak lepas dari kesulitan ketika menghadapi beberapa sosok pelatih yang tak jarang membuatnya bertekuk lutut.

Shin Tae-yong merupakan salah satu pelatih berpengalaman yang telah berkecimpung di ranah kepelatihan sejak 2004 silam.

Selama 18 tahun lebih berkecimpung di ranah kepelatihan, juru taktik berusia 52 tahun ini telah menukangi banyak tim di level klub dan internasional.

Di level klub, pria yang akrab disapa STY ini pernah menjadi asisten pelatih di Brisbane Roar dan menjadi pelatih kepala di Seongnam Ilhwa.

Baca Juga: Gelandang Muda Persib, Beckham Putra Layak ke Timnas U-23 Sea Games 2023, Ini Alasannya

Lalu di level internasional, Shin Tae-yong pernah menukangi Timnas Korea Selatan, baik senior dan kelompok umur serta kini menukangi Timnas Indonesia, tim senior dan kelompok umur.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang lawan Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. (Twitter/@AFFPresse)
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang lawan Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. (Twitter/@AFFPresse)

Dalam karier kepelatihannya, juru taktik asal Korea Selatan ini mampu meraih gelar bergengsi seperti Liga Champions Asia, Piala Korea Selatan, dan Kejuaraan EAFF atau Kejuaraan Asia Timur.

Meski bergelimang gelar, Shin Tae-yong tak selamanya bisa meraih kemenangan di setiap pertandingan. Ada kalanya, ia pun juga kadang menerima kekalahan.

Di balik kekalahan yang pernah diderita Shin Tae-yong selama melatih, tercatat ada lima pelatih yang sering memberikan kekalahan kepadanya.

Kira-kira, siapa saja pelatih yang kerap mengalahkan Shin Tae-yong? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Justin Hubner, Ivar Jenner CS Dicoret Shin Tae yong di TC Timnas Indonesia U-20? 3 Pilar Persib dan Wonderkid PSIS Jadi Opsi

1. Hwang Sun-hong