Bukan Klub Ronaldo, Al Hilal Jadi Klub Arab Saudi Pertama Lolos ke Final Piala Dunia Antar Klub

Pebriansyah Ariefana
Bukan Klub Ronaldo, Al Hilal Jadi Klub Arab Saudi Pertama Lolos ke Final Piala Dunia Antar Klub
Para pemain Al Hilal merayakan kemenangan dengan trofi setelah memenangkan pertandingan sepak bola Piala Super Lusail antara Al-Hilal Arab Saudi dan Zamalek Mesir di Stadion Lusail, Doha, pada 9 September 2022.Karim JAAFAR/AFP

Pelatih Flamengo Pereira menyalahkan wasit atas kekalahan mengejutkan tim ini.

Suara.com - Al Hilal menjadi klub Arab Saudi pertama yang lolos ke final Piala Dunia antar klub, Pemain Arab Saudi Al Hilal mengejutkan 10 pemain Flamengo dengan kemenangan 3-2 pada Selasa kemarin berkat dua penalti dari Salem Al Dawsari dan tendangan jarak dekat dari Luciano Vietto.

Al Dawsari membuka skor dari titik penalti setelah tiga menit dan sementara Pedro menyamakan kedudukan untuk tim Brasil itu.

Al Hilal, tim Saudi pertama yang mencapai final Piala Dunia Antarklub. Al Hilal akan menghadapi pemenang semifinal Real Madrid melawan Al Ahly pada Rabu di Rabat hari ini.

"Flamengo terkejut dengan kualitas kami dan betapa siapnya kami, secara mental dan strategis," kata pelatih Al Hilal Ramon Diaz dalam konferensi pers.

Baca Juga: Ikut Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Politikus PKS Sumsel Dan Wawako Palembang Diamuk Warganet

“Flamengo tidak menyangka bahwa kami akan mengubah skema kami dari 4-3-3 menjadi 4-4-1-1, dengan Luciano Vietto sebagai gelandang serang.

"Vietto berbayang di belakang gelandang bertahan mereka yang kami identifikasi tidak bagus dalam tantangan. Dan dia brilian, menderita penalti dan mencetak gol hebat untuk kami."

Pada malam yang berangin dan dingin di stadion Ibn Batouta yang setengah kosong, pelatih Flamengo asal Portugal Vitor Pereira membuat kejutan dengan meninggalkan mantan bek Atletico Madrid Filipe Luis di bangku cadangan.

Dia juga meninggalkan pemain Uruguay Guillermo Varela, memilih duo bek sayap yang lebih muda dan lebih berorientasi pada serangan.

Sementara itu, Pelatih Flamengo Pereira menyalahkan wasit atas kekalahan mengejutkan tim ini.

Baca Juga: Laga Persija vs Persib Jadi Fokus Utama Muhammad Ferrari Usai FIFA Batalkan PD U-21 di Indonesia

"Kami siap untuk memainkan Al Hilal tetapi tidak siap untuk wasit yang tidak memenuhi standar kompetisi," katanya.