Kanye West Akui Dirinya Bipolar

Wahyu Nugroho
Kanye West Akui Dirinya Bipolar
Kanye West (kanyewestt_official/instagram).

Album barunya, Ye, bicara terang terangan.

Suara.com - Album Ye yang dirilis musisi/rapper Kanye West pada Kamis (31/5) lewat listening party di Jackson Hole, Wyoming jadi buah bibir di kalangan jurnalis, sesama rapper, pecinta musik dan warganet di seluruh dunia. 

Pasalnya, selain ini album pertama Kanye West setelah absen 2 tahun terakhir, namun banyak yang menganggap Ye adalah album paling gelap yang pernah dirilis Kanye. Di album ini, secara mengejutkan suami Kim Kardashian ini mengaku bahwa dirinya bipolar

Kim Kardashian dan Kanye West bersama dua anaknya. (Twitter)

Dikutip dari Etonline, ada tujuh lagu di album Ye yang berisi pengakuan Kanye terkait penyakin mental yang ia alami ini. Penyanyi bernama lengkap Kanye Omari West ini menggambarkan sejumlah sisi gelap dalam hidupnya. Ia mengisahkan sejumlah perjuangan yang dihadapi selama ini, dari kesehatan mental, penggunaan obat-obatan sampai keinginan bunuh diri.

Dan ya, cover album Ye sendiri jelas-jelas menegaskan secara terang-terangan bahwa ia adalah bipolar. 

Album yang berisi tujuh lagu tersebut berisi pengakuan Kanye terkait penyakit mental yang ia alami, seperti pada lagu 'I Thought About Killing You', atau pada lagu 'Yikes' yang menyebut ia melawan 'bisikan-bisikan' jahat dalam dirinya.

Pun dalam kover album tersebut,  Pemenang 21 penghargaan Grammy ini mengakui dirinya memiliki bipolar.

Sampul album Ye menampilkan gambar gunung yang indah yang diambil oleh Kanye lewat iPhone dan kata-kata di sampulnya tegas berkata, 

"I hate being Bi-Polar its awesome."

Kanye West (kanyewestt_official/instagram).

Selain cover atau sampul album, petunjuk nyata bahwa dirinya bipolar tergambar dalam beberapa lagu yang ada dalam album tersebut. Salah satunya adalah "Yikes".

Di lirik lagu ini, Kanye membahas pertempurannya dengan setan batin, lagi-lagi tampaknya menyentuh kecanduan opioid (semacam substansi penghilang rasa sakit-red) sambil merujuk kepada mendiang musisi Prince dan Michael Jackson.

Kanye West (kanyewestt_official/instagram)

"I can feel the spirits all around me," he says. "I think Prince and Mike was tryna warn me / They know I got demons all on me."

Dan di akhir lagunya, Kanye menyebutkan bipolar yang dideritanya, 

"That's why I f**k with Ye / That's my third person / That's my bipolar s**t, n***a what? / That's my superpower, n***a ain't no disability / I'm a superhero, I'm a superhero."

Kondisi bipolar ini menjadi gosip publik sejak Saint Pablo Tour pada 2016 lalu. Saat itu, Kanye dilarikan ke rumah sakit lantaran menderita 'kelelahan akut'. Walhasil, sisa konsernya pun dibatalkan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS