Tajir Melintir, Ini Deretan Bisnis Sampingan 7 Aktor Bollywood

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Tajir Melintir, Ini Deretan Bisnis Sampingan 7 Aktor Bollywood
Shah Rukh Khan (Instagram/@iamsrk)

Shah Rukh Khan sukses di dunia akting dan juga bisnis.

Suara.com - Para aktor Bollywood ternyata banyak yang terjun di dunia bisnis. Shah Rukh Khan dan deretan seleb Bollywood berikut ini nih contohnya yang punya banyak bisnis sampingan. 

Dilansir dari msn.com, Shah Rukh Khan adalah wakil ketua perusahaan produksi film Red Chillies Entertainment dan anak perusahaannya. Perusahaan produksinya memproduksi film dan divisi VFX (Teknik Visual Efek)-nya menawarkan layanan VFX dan animasi ke rumah produksi dan pembuat film lainnya.

Shah Rukh Khan juga merupakan pemilik bersama tim kriket Liga Premier India, Kolkata Knight Riders. Khan memperoleh hak kepemilikan untuk waralaba pada 2008 dalam kemitraan dengan Juhi Chawla, yang telah menjadi lawan mainnya di banyak film sukses.

KKR adalah salah satu tim terkaya di IPL, dengan nilai merek beberapa juta. Shah Rukh Khan juga populer sebagai pembawa acara penghargaan dan presenter TV. Dia menjadi brand ambassador sejumlah merek ternama di mana dia menghasilkan banyak uang.

Shah Rukh Khan, Gauri Khan dan AbRam Khan (Instagram/@gaurikhan)
Shah Rukh Khan, Gauri Khan dan AbRam Khan (Instagram/@gaurikhan)

Selain Shah Rukh Khan, 6 aktor Bollywood ini juga jago berbisnis.

Siapa saja?

1. Ajay Devgan

Kajol dan Ajay Devgan (Instagram/@kajol)
Kajol dan Ajay Devgan (Instagram/@kajol)

Suami Kajol, Ajay Devgan telah dengan bijak menginvestasikan persen tertentu dari uangnya di sejumlah usaha. Aktor ini adalah investor bagian dalam proyek surya Charanaka di Gujarat.

Ajay bersama dengan Grup Roha berinvestasi miliaran di pabrik 25 MW. Didirikan dalam periode catatan hanya delapan bulan, pabrik ini berfungsi mulai 31 Desember 2011.

Selain itu, Ajay juga memiliki rumah produksi yang disebut Ajay Devgn Films. Didirikan pada tahun 2000, usaha perdananya adalah Raju Chacha (2000) yang menampilkan Ajay dan Kajol. Ajay juga memiliki VFX Studio.


2. Salman Khan

Salman Khan dan ibunya (Instagram/@beingsalmankhan)
Salman Khan dan ibunya (Instagram/@beingsalmankhan)

Salman Khan juga memasuki dunia bisnis, diantaranya hiburan, olahraga, endorsement, dan pakaian bermerek. Merek Being Human miliknya dilisensikan ke Mandhana Retail Ventures, yang mengoperasikan lusinan gerai di berbagai kota yang menjual aksesori dan pakaian mode.

Menurut kabar yang beredar, superstar Bollywood ini juga telah mendaftarkan merek dagang BeingSmart untuk smartphone yang ditargetkan pada segmen pasar menengah.

Salman memiliki 5% saham di Yatra.com, yang merupakan kesepakatan iklan untuk ekuitas. Klausa iklan untuk ekuitas ini mensyaratkan promosi dan pemasaran merek.

Penasaran siapa lagi aktor Bollywood punya bisnis sampingan? Yuk langsung intip MataMata.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS