Rachel Amanda: Pelecehan Seksual Masih Terjadi di Industri Film Indonesia

Ferry Noviandi | Herwanto
Rachel Amanda: Pelecehan Seksual Masih Terjadi di Industri Film Indonesia
Rachel Amanda [Herwanto/Suara.com]

Rachel Amanda mengimbau kaum perempuan untuk berani melawan pelecehan seksual.

Suara.com - Pelecehan seksual dalam industri film Tanah Air rupanya masih kerap terjadi. Hal tersebut diungkapkan oleh aktris Rachel Amanda. Tapi untungnya, hal tersebut tak terjadi pada diri Rachel.

"Untungnya tidak (mengalami kekerasan seksual). Kalau dengar cerita dari teman, ada aja yang mengalami seperti itu (pelecehan seksual)," kata Rachel Amanda, saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019).

Menurut Rachel Amanda, beberapa pekerja seni film masih ada yang tidak sadar telah menjadi korban pelecehan seksual. Pemilik nama lengkap Rachel Amanda Aurora itu menghimbau saat terjadi pelecehan seksual sebagai perempuan harus berani untuk melawan.

"Tapi kalau pekerja film sendiri, di luar aktor ya, masih ada yang tidak sadar sudah mengalami pelecehan. Karena menganggap ketika kita mau survive di suatu industri, apalagi kita sebagai pekerja di balik layar, kita harus tough atau kaya preman," ungkap Rachel Amanda.

"Jadi kalau mau dianggap capable seperti laki-laki, maka bersikaplah seperti laki-laki. Padahal kan ngga perlu kayak gitu," ucap bintang film Terlalu Tampan ini.

Rachel Amanda [Yuliani/Suara.com]
Rachel Amanda [Yuliani/Suara.com]

Lebih lanjut wanita berusia 24 tahun itu menegaskan apa pun profesinya, perempuan harus berani untuk melawan tindakan pelecehan seksual.

"Beberapa yang aku dengar bahkan, mereka dilecehkan tapi nggak boleh baper. Karena nanti kalau baper muncul lah lagi sifat bahwa, 'oh dia perempuan'. Padahal itu kan hak lo, lo nggak mau dilecehin, lo bisa marah untuk tidak dilecehkan. Mau apa pun profesi lo," tutur Rachel Amanda.
 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS