Nekat Mudik, Vokalis Lyla dan Keluarga Jadi ODP Corona

Yazir Farouk | Yuliani
Nekat Mudik, Vokalis Lyla dan Keluarga Jadi ODP Corona
Vokalis band Lyla, Ario Setiawan [Instagram/ariosetiawan_]

"Kalau pemeriksaan sebenarnya sudah dari bandara Jakarta, pemerikasaan ketat juga dari dokter bandara," katanya.

Suara.com - Vokalis grup band Lyla, Ario Setiawan, pulang ke kampung halamannya, Sekadau, Kalimantan Barat baru-baru ini. Bersama anaknya yang masih bayi dan sang istri, Ario nekat mudik di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Ario Setiawan dan istri nekat mudik lantaran sudah rindu dengan keluarga di kampung halaman. Jelas saja ia beserta istri dan anaknya langsung berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) corona.

"Iya kemarin mudik. Langsung ODP di kampung," kata Ario dihubungi, Senin (6/4/2020).

Seminggu yang lalu, Ario Setiawan beserta keluarga sampai ke kampung halaman di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Kampung halamannya itu ditempuh sekitar 5 sampai 6 jam dari Pontianak.

Vokalis band Lyla, Ario Setiawan [Instagram/ariosetiawan_]
Vokalis band Lyla, Ario Setiawan [Instagram/ariosetiawan_]

Dijelaskan Ario, siapapun yang keluar masuk wilayah tersebut statusnya otomatis ODP. Untuk sampai di kampung halamannya, vokalis band Lyla itu bersama anak dan istri sampai melalui tiga kali pemeriksaan rapid test.

"Kalau pemeriksaan sebenarnya sudah dari bandara Jakarta, pemerikasaan ketat juga dari dokter bandara kemudian di bandara Pontianak di periksa lagi," jelas Ario Setiawan.

"Bahkan di perjalanan pulang menuju kampung halaman kita diperiksa lagi karena kebetulan rumah saya sekitar 5-6 jam dari Pontianak, di kabupaten Sekadau. Setiap kabupaten yang kita lewatin ada pemeriksaan," ujarnya lagi.

Ario pun sudah tahu akan menjadi ODP setibanya di kampung halaman. Setelah memahami prosedur itu, Ario memberanikan diri hingga akhirnya harus mengkarantina diri hingga 14 hari ke depan

"Untuk berjaga-jaga kita benar-benar karantina diri selama minimal 14 hari. Dan benar-benar nggak berinteraksi intens sama keluarga yang di sini kaya salaman pelukan. Setelah benar-benar status ODP nya lepas dan aman , baru bisa," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS