Jadi Korban Begal Payudara, Soraya Larasati Heran Masih Saja Disalahkan

Yazir Farouk | Yuliani
Jadi Korban Begal Payudara, Soraya Larasati Heran Masih Saja Disalahkan
Soraya Larasati [Instagram]

"Baju udah ketutup, longgar, masa gue pakai kurungan ayam keluar rumah, kan nggak mungkin," katanya.

Suara.com - Artis Soraya Larasati baru-baru ini jadi korban begal payudara saat berolahraga di lingkungan rumahnya. Dia menyebut tak ada maksud cari sensasi dengan mengungkap peristiwa tersebut di media sosial.

Soraya hanya ingin mengingatkan para perempuan untuk berani bicara saat mendapat pelecehan seksual. Sebab, kejadian seperti ini bisa menimpa siapa pun, termasuk dirinya yang saat olahraga berpenampilan tertutup dengan kerudung menutupi dada.

"Share ginian juga intinya biar waspada aja cewek-cewek. Aku yang berjilbab saja masih ada orang yang nyalahin (dengan bilang) 'Makanya jilbabnya panjang'. (Saya bilang) 'Mau gimana lagi si Bu?' Kalau jilbab panjang banget lari kenceng nyangkut-nyangkut'," kata Soraya heran saat dihubungi Senin (6/4/2020).

"Baju udah ketutup, longgar, masa gue pakai kurungan ayam keluar rumah, kan nggak mungkin," ujarnya lagi.

Soraya Larasati bersama suami dan dua anaknya. [Instagram]
Soraya Larasati bersama suami dan dua anaknya. [Instagram]

Soraya menambahkan, tempatnya berolahraga sudah mengikuti protokol olahraga outdoor. Selain itu, dia juga tak sendirian saat berolahraga.

"Bukan sendirian aku larinya sebenarnya, aku udah janjian sama teman aku, mau long run, suami juga," katanya.

"Sebenernya aku udah menjalani sesuai dengan protokol kita olahraga outdoor, salah satunya harus rute yang pernah kita lewatin, harus familiar, nah ini familiar banget sekitar rumah. Terus kedua, harus rute yang arah lawan arus (kendaraan), nah itu salahnya aku, aku nggak lawan arus, aku lewat jalan yang arusnya sejalan dengan kendaraan," ujarnya lagi.

Soraya Larasati [Instagram]
Soraya Larasati [Instagram]

Apa yang dialami ini menjadi pelajaran bagi Soraya Larasati untuk lebih hati-hati ke depan. Ia juga berharap perempuan yang mengalami hal serupa seperti dirinya tak takut untuk bicara meski masyarakat cenderung untuk menyalahkan korban.

"Kadang mereka nggak mau cerita atau share karena malu sama lingkungan karena cewek banyak disalahkan, 'Lo sih ngapain keluar sendiri, pakaian ketat, dan sebagainya. Padahal harus, karena untuk lebih waspada," ujarnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS