alexametrics

Profil Noe Letto: Anak Cak Nun, Jadi Vokalis, Sampai Pernah Atheis

Farah Nabilla
Profil Noe Letto: Anak Cak Nun, Jadi Vokalis, Sampai Pernah Atheis
Profil Neo Letto [Youtube.com]

Putra Cak Nun ini punya proses hijrah yang begitu filosofis dalam hidupnya. Simak profil Noe Letto berikut ini.

Suara.com - Penikmat musik era 2000-an pasti tak asing dengan grup band Letto. Apalagi profil Noe Letto, sang vokalis yang ternyata merupakan putra Emha Ainun Najib alias Cak Nun.

Tapi di balik latar belakang keluarga dan syair-syair halus ia ciptakan, Noe Letto ternyata memiliki kisah hijrah yang cukup mendalam. Bertahun-tahun lalu, Noe Letto putuskan jadi atheis sebelum akhirnya kembali Islam.

Noe Letto mengatakan, perjalanan hijrah cukup panjang sampai dia bertemu seorang syekh dan mendapatkan jawaban menohok soal setan.

Anak Cak Nun Atheis, Cak Nun dan Sabrang
Anak Cak Nun Atheis, Cak Nun dan Sabrang

Kisah Noe Letto mencari pemaksanaan soal keberagamaan itu disampaikan saat berbincang-bincang dengan Habib Husein Jafar.

Baca Juga: Kisah Vokalis Letto Neo, Dari Atheis Memeluk Agama Islam Gegera Ini

Noe Letto mengaku berpemikiran kritis dan selalu menggunakan logika ketika mempelajari Islam sehingga membuatnya sulit mempercayai adanya Tuhan.

"Kebetulan pada agama itu, saya gak bisa lari dari modal dasar yang diberikan Tuhan. Saya inkuisitif. Saya gak akan makan kalau gak bener-benar punya train of thoughts yang jelas. Salah satu contohnya, paling ekstremnya saya pernah juga ateis dengan sadar," ungkapnya saat berbincang dengan Habib Husein Ja'far Al Hadar dalam kanal YouTube Cahaya Untuk Indonesia.

Lantas seperti apa profil Noe Letto? Simak ulasannya berikut.

Profil Noe Letto.

Noe Letto lahir dengan nama asli Sabrang Mowo Damar Panuluh di Yogyakarta 10 Juni 1979. Semasa kecil dia harus merantau ke Lampung akibat perceraian kedua orang tuanya sampai akhirnya kembali ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Baca Juga: Sabrang, Anak Cak Nun Atheis, Lalu Bertemu Syekh dan Masuk Islam Lagi

Setelah menamatkan SMA, Noe melanjutkan kuliah di University of Alberta, Kanada dengan dua gelar sekaligus yakni sarjana matematika dan fisika. Barulah setelah lulus kuliah Noe pulang ke Yogyakarta dan merintis karier bermusiknya.

Komentar