facebook

CEK FAKTA: Benarkah Ustaz Yusuf Mansur Lelang Motor Antik Sampai Rp 1 Miliar?

Sumarni | Yuliani
CEK FAKTA: Benarkah Ustaz Yusuf Mansur Lelang Motor Antik Sampai Rp 1 Miliar?
Ustaz Yusuf Mansur (Instagram/yusufmansurnew)

Ustaz Yusuf Mansur langsung menuai sorotan.

Suara.com - Beredar kabar Ustaz Yusuf Mansur melelang motor antik seharga Rp 1 Miliar. Hal ini pun sempat bikin heboh jagat maya.

Semua bermula saat akun Facebook Masa muda media pada 5 Mei 2022 mengunggah sebuah gambar tangkapan layar artikel berjudul “Yusuf Mansur melelang motor antiknya seharga 1 milyar, Ini tanggapan Netizen”. Tangkapan artikel itu tampak terbit di situs media online viva.co.id pada 29 April 2022.

Namun benarkah itu?

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi dan gambar tersebut rupanya menyampaikan informasi yang kurang tepat.

Baca Juga: Evelin Nada Anjani Tanggapi Aming yang Dandan Ala Perempuan, Mantan Istri: Sudah Biasa

Unggahan soal Ustaz Yusuf Mansur [turnbackhoax]
Unggahan soal Ustaz Yusuf Mansur [turnbackhoax]

Walaupun memasang foto Ustaz Yusuf Mansur sebagai thumbnail, serta menampilkan potretnya mengendarai motor antik, narasi dalam artikel yang diterbitkan Viva rupanya tidak menjelaskan soal sang ustaz melelang motor Rp 1 Miliar.

Faktanya, judul artikel tersebut merupakan hasil editan. Judul asli artikel yang diposting pada 29 April 2022 itu adalah “Diminta Netizen Berhenti Ceramah, Ini Jawaban Yusuf Mansur”.

Hasil pencarian menggunakan kata “Yusuf Mansur” di situs viva.co.id menemukan artikel yang identik dengan artikel tangkapan layar yang beredar di Facebook.
Kesamaan terdapat di tanggal dan jam terbit, foto Ustaz Yusuf Mansur menaiki motor antik, serta nama penulis artikel.

Namun, isi yang tertulis di dalamnya sama sekali berbeda. Dalam situs Viva, foto Yusuf Mansur menaiki motor antik tersebut berisi berita soal video Yusuf Mansur yang marah-marah karena butuh uang Rp 1 triliun.

Berdasarkan penelusuran tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa narasi yang disebarkan keliru. Informasi ini juga bisa dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan alias hoaks.

Baca Juga: CEK FAKTA: Beredar Kabar Duka Andhika Pratama Meninggal Dunia Akibat Tertimpa Batu Saat Latihan, Benarkah?

Komentar