facebook

Kembali Jalani Transfusi Darah, Ruben Onsu Sebut Penyakitnya Berkaitan dengan Otak

Sumarni
Kembali Jalani Transfusi Darah, Ruben Onsu Sebut Penyakitnya Berkaitan dengan Otak
Presenter Ruben Onsu saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (24/12/2020). [Suara.com/Alfian Winanto]

Dia sampai menghabiskan darah berkantong-kantong.

Suara.com - Artis Ruben Onsu akhirnya blak-blakan soal penyebab dirinya kembali dilarikan ke rumah sakit. Dia bilang semua bermula ketika dia melakukan cek kesehatannya secara rutin.

"Pertiga Minggu ini kan gue harus cek darah lagi. Biasa ada kegiatan rutin kayak Brownis dan Ketawa Itu Berkah yang live. Selebihnya nyantai. Nggak berkegiatan berat," ujar Ruben Onsu di Brownis pada Senin (27/6/2022).

Ruben Onsu [Suara.com/Herwanto]
Ruben Onsu [Suara.com/Herwanto]

"Cuma dalam hal ini gue lebih memilih ke jalur medis. Hasilnya darahnya terus berkurang. Nggak punya jalan lagi, gue harus ke rumah sakit," sambungnya lagi.

Menurut Ruben Onsu dari hasil pemeriksaan ada bercak hitam di bagian otaknya. Hal ini yang menyebabkan dirinya kekurangan darah.

Baca Juga: Ini Penyebab Ruben Onsu Sakit hingga Jalani Transfusi Darah 8 Kantong!

"Sebelumnya aku ada MRI, emang ada beberapa yang harus ditelaah lebih jauh. Ada bintik-bintik di bagian otak yang katanya otak kalau sama darah serakah," terang Ruben Onsu.

Ruben Onsu [Suara.com/Yuliani]
Ruben Onsu [Suara.com/Yuliani]

"Jadi kalau masuk darah, nyerapnya lebih banyak. Jadi kalah sama yang ada di tubuh. Jadi lebih banyak keserap di otak," imbuhnya lagi.

Karenanya, dokter langsung menyarankan buat melakukan transfusi darah.

"Jadi emang harus transfusi darah lagi. Dan harus di ICU," tuturnya.

Ruben Onsu [Yuliani/Suara.com]
Ruben Onsu [Yuliani/Suara.com]

Sekali transfusi darah, Ruben Onsu membutuhkan berkantong-kantong darah. Dan setelah itu selesai, dia juga harus diobservasi lebih dulu.

Baca Juga: 3 Bisnis Ruben Onsu: Ini Nasibnya saat Sang Owner Masuk Rumah Sakit

Imbasnya, suami Sarwendah itu harus rela dirawat beberapa hari di rumah sakit.

"Waktu pertama empat atau lima (kantong), kemarin sudah nambah lagi. Kemarin cukup deg-degan sudah siap-siap (pulang) tapi pas dicek lagi darahnya, dari darah yang masuk sudah nyatu banget atau belum. Tenyata nggak bisa balik dulu, harus tambah tiga kantong lagi. Nunggu kiriman darah lagi," tandas Ruben Onsu.

Komentar