facebook

Mulai Tayang Hari Ini, Simak 7 Fakta Film Ranah 3 Warna

Yazir Farouk | Yuliani
Mulai Tayang Hari Ini, Simak 7 Fakta Film Ranah 3 Warna
Sinopsis Ranah 3 Warna (instagram/@ranah3warna.movie)

Film Ranah 3 Warna merupakan adaptasi novel laris dengan judul yang sama.

Suara.com - Film Ranah 3 Warna telah tayang di bioskop mulai hari ini, Kamis (30/9/2022). Mengangkat kisah merantau dan perjuangan anak muda, film ini menjanjikan nilai-nilai yang bisa dijadikan pelajaran anak muda.

Film Ranah 3 Warna bercerita tentang perjuangan Alif Fikri (Arbani Yasiz) yang punya mimpi sekolah di luar negeri seperti idolanya, BJ Habibie. Namun kehendak Alif terbentur tantangan besar dari sisi akademik, lingkungan maupun hubungan sosial.

Dimulai dari urusan percintaan, Alif menaruh hati ke salah satu teman kuliahnya Raisa (Amanda Rawles). Ujian makin berat karena Randai (Teuku Rassya) selaku sahabat satu kampung Alif juga menunjukkan ketertarikan ke Raisa.

Dilema mempertahankan cinta atau persahabatan membuat Alif terbebani. Ditambah, ia sudah lebih dulu berjanji untuk fokus menyelesaikan pendidikan ke mendiang ayahnya.

Baca Juga: Sinopsis Ranah 3 Warna: Film Kisah Santri Rantau di Negeri Orang Asing

Sebelum menonton, tak ada salahnya simak fakta Film Ranah 3 Warna yang sudah kami rangkum berikut ini.

1. Diangkat dari Buku Best Seller

Film Ranah 3 Warna yang disutradarai Guntur Soeharjanto merupakan adaptasi novel best seller berjudul sama karya Ahmad Fuadi. Novel ini merupakan novel kedua dari trilogi Negeri 5 Menara.

2. Dikenal dengan Mantra Islami

Jika di Negeri 5 Menara dikenal mantra 'man jadda wajada' yang artinya siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil, hal itu disadari Alif tidak cukup sakti dalam memenangkan hidup. Dalam Ranah 3 Warna ini, Alif kemudian teringat mantra kedua yang diajarkan di Pondok Madani ''man shabara zhafira' yang artinya siapa yang bersabar akan beruntung.

Baca Juga: Syuting di Sumbar, Ini 6 Fakta Film Ranah 3 Warna yang Bakal Tayang di Bioskop 30 Juni 2022

3. Tertunda Penayangannya 2 Tahun

Komentar