Fakta Lord Rangga, Petinggi Sunda Empire yang Meninggal di Usia 55 Tahun

Ismail
Fakta Lord Rangga, Petinggi Sunda Empire yang Meninggal di Usia 55 Tahun
Mantan petinggi Sunda Empire Edi Raharjo, alias Rangga Sasana atau Lord Rangga (Instagram/lordranggaofficial)

Lord Rangga terkenal setelah diwawancara Karni Ilyas.

Suara.com - Kabar duka cita datang dari petinggi Sunda Empire. Dia dikabarkan meninggal dunia di rumah sakit pada hari ini, Rabu (7/12/2022).

Belum diketahui persis apa penyebab meninggalnya lelaki 55 tahun itu. Namun dari pesan diterima Lord Rangga meninggal dunia di rumah sakit Mutiara Bunda Tanjung pada pukul 05.39 wib.

Lord Rangga mempunyai nama asli Edi Raharjo dan merupakan warga Desa Grinting, Kecamatan BulaKamba, Brebes, Jawa Tengah. Dia mulai terkenal setelah menjadi bintang tamu di Indonesia Lawyers Club sebagai petinggi Sunda Empire pada 21 Januari 2020.

Penasaran dengan fakta yang membuat mendiang Lord Rangga terkenal? Berikut rangkumannya.

Baca Juga: Momen Kocak Sony Wakwaw Ngobrol Bareng Fajar Sad Boy, Netizen: Penerus Lord Rangga

1. Sebelum terkenal Lord Rangga pernah menjadi Ketua Dewan Bawang Merah Republik Indonesia periode 2011-2016. Ia sempat tampil dalam program Soegeng Sarjadi Forum yang tayang di TVRI pada tahun 2011 dengan jabatannya tersebut.

Lord Rangga meninggal dunia. (Instagram/lordranggaofficial)
Fakta Lord Rangga (Instagram/lordranggaofficial)

2. Dia menjadi terkenal setelah menjadi bintang tamu Indonesia Lawyers Club, program talk show yang dipandu oleh Karni Ilyas. Dala macara tersebut dia mengaku sebagai seorang petinggi Sunda Empire.

Petinggi Sunda Empire Lord Rangga. [Tangkapan layar]
Fakta Lord Rangga [Tangkapan layar]

3. Pengakuan itu membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai Sunda Empire yang ternyata sebuah perkumpulan yang mengklaim diri pada romantisisme sejarah pada masa lalu, di mana mereka mencita-citakan kerajaan Sunda akan kembali menjadi besar sebagaimana pada masa Tarumanegara. Gerakan ini bermula hanya sebatas di media sosial yang pada akhirnya terbentuk secara nyata dan viral setelah akun Facebook dari seseorang yang diduga anggota Sunda Empire yang bernama Renny Khairani Miller melakukan unggahan status yang membuat geger pengguna Facebook.

Viral Lord Rangga Eks Sunda Empire DM Instagram Vladimir Putin. (Twitter/@d0ncarlo)
Fakta Lord Rangga (Twitter/@d0ncarlo)

4. Sunda Empire dipimpin oleh Lord Rangga. Sedangkan Nasri Banks ditunjuk selaku Perdana Menteri dan Raden Ratnaningrum selaku Kaisar.

Viral Video Lord Rangga 'Sunda Empire' Dinilai Mampu Ramal Masa Depan (twitter/@tvindonesiawkwk)
Fakta Lord Rangga (twitter/@tvindonesiawkwk)

5. Ke-3 para petinggi tersebut sempat dinyatakan bersalah dan dijatuhkan hukuman selama dua tahun karena dianggap menyebar berita bohong, sesuai Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 sebagaimana dalam dakwaan kesatu tentang tindakan menyiarkan berita bohong hingga menimbulkan keonaran.

Baca Juga: Jarang Tersorot! ini Potret Queen Marwah, Istri Mendiang Lord Rangga yang Beda 30 Tahun

Ki Ageng Rangga Sasana atau akrab disapa Lord Rangga memberikan beberapa petuah kepada tokoh yang berniat menjadi Presiden di tahun 2024.[TikTok]
Fakta Lord Rangga [TikTok]

6. Selama menjalani hukuman Rangga berkelakuan baik, Dia pun mendapat revisi dan asimilasi berkaitan dengan pandemi COVID-19 sehingga akhirnya pada tahun 2021 ia bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Banceuy, Bandung, Jawa Barat.