B-21 Raider, Pesawat Pengebom Nuklir Berteknologi Mutakhir milik Amerika

Oke Atmaja
Pesawat B-21 Raider diluncurkan dalam upacara di Pabrik Angkatan Udara Northrop Grumman 42 di Palmdale, California, Amerika Serikat, Jumat (2/12/2022). [Frederic J. BROWN / AFP]
Pesawat B-21 Raider diluncurkan dalam upacara di Pabrik Angkatan Udara Northrop Grumman 42 di Palmdale, California, Amerika Serikat, Jumat (2/12/2022). [Frederic J. BROWN / AFP]

Amerika Serikat meluncurkan produk terbaru militernya militernya yaitu sebuah pesawat pengebom nuklir bernama B-21 Raider.

Suara.com - Pesawat B-21 Raider diluncurkan dalam upacara di Pabrik Angkatan Udara Northrop Grumman 42 di Palmdale, California, Amerika Serikat, Jumat (2/12/2022). Amerika Serikat meluncurkan produk terbaru militernya yaitu sebuah pesawat pengebom nuklir bernama B-21 Raider.

Pesawat pengebom siluman itu dielngkapi dengan teknologi paling mutakhir. Pesawat ini disebut bisa membawa senjata nuklir dan konvensional, serta dirancang untuk bisa terbang tanpa awak. B-21 Raider diyakini memiliki kemampuan lebih canggih dari para pesawat tempur pendahulunya seperti B-1 dan B-2.

Dari segi kecanggihan B-21 mampu menghadirkan fleksibilitas melalui integrasi data dan sensor, sehingga senjata ini dapat digunakan dengan berbagai macam amunisi baik untuk serangan langsung atau stand-off.

Melalui kemampuan tersebut B-21 juga dapat dimanfaatkan angkatan udara AS untuk menjalankan misinya yang paling kompleks, seperti mendukung strategi pencegahan serta memberikan presisi jarak jauh dan memberi komando tempur kemampuan untuk menahan target apa pun.

Pesawat ini dibuat oleh Northrop Grumman di Palmdale, California selama 30 tahun dengan menelan biaya lebih dari 700 juta dolar AS atau sekitar Rp 10,7 triliun. B-21 Raider menjadi pesawat pengebom tercanggih yang dimiliki Angkatan Udara AS dan akan diproyeksikan untuk mulai mengudara tahun depan. [Frederic J. BROWN / AFP] [Suara.com/Alfian Winanto]