Minum Soda Terlalu Sering Bisa Picu Kanker

Ririn Indriani, Firsta Nodia

Sabtu, 21 Februari 2015 | 07:47 WIB
Minum Soda Terlalu Sering Bisa Picu Kanker
Ilustrasi minuman bersoda. (Shutterstock)

Suara.com - Hati-hati bagi Anda yang gemar menyeruput minuman bersoda. Pasalnya, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One, menemukan bahwa mengonsumsi soda lebih dari satu kaleng sehari lebih mungkin terpapar karsinogen (zat pemicu kanker) dari kandungan methylimidazole.

Peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat menganalisis konsumsi soda untuk mengukur tingkat paparan karsinogen dalam tubuh masyarakat. Hasil menunjukkan 44-58 persen responden yang berusia diatas 6 tahun mengonsumsi setidaknya satu kaleng soda per hari, lebih berisiko terpapar 4-methylimidazole (4-MEI), karsinogen yang mungkin terbentuk saat proses produksi warna karamel, sebagai bahan tambahan minuman bersoda.
 
Riset yang dilakukan oleh Consumer Reports tahun 2014 lalu menemukan bahwa kandungan 4 MEI dalam minuman bersoda dapat menyebabkan kanker jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Peneliti senior, Keeve Nachman, PhD mengatakan bahwa konsumsi minuman bersoda perlu dihindari dan Ia juga menyebutkan bahwa pewarna tambahan karamel ini seharusnya tidak ditambahkan pada minuman ringan ini.

Sedangkan penelitian yang dilakukan 2014 menyebutkan, pada 110 sampel minuman bersoda ditemukan pewarna tambahan yang mengandung karsinogen ini, meski tingkat kandungannya bervariasi.

"Misalnya untuk minuman cola, sampel tertentu menunjukkan kandungan yang lebih tinggi, sedangkan yang lainnya lebih rendah," kata Tyler Smith, penulis utama penelitian.

Sementara itu, hingga detik ini tidak ada batas tertentu yang menjadi standar dalam penambahan bahan ini. Consumer Reports telah mengajukan petisi kepada Food and Drug Administration untuk menetapkan batas bagi potensi karsinogen, pada 2014 lalu. (Zeenews)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Ini Alasan Minuman Soda Buruk Bagi Kesehatan

Ini Alasan Minuman Soda Buruk Bagi Kesehatan

Health | Minggu, 08 Februari 2015 | 14:45 WIB

Ilmuwan Ciptakan Apel Rasa Minuman Soda

Ilmuwan Ciptakan Apel Rasa Minuman Soda

Tekno | Kamis, 30 Oktober 2014 | 05:58 WIB

Studi: Minum Soda Bikin Cepat Tua

Studi: Minum Soda Bikin Cepat Tua

Lifestyle | Selasa, 21 Oktober 2014 | 05:01 WIB

Bahaya Minuman Tinggi Gula pada Anak

Bahaya Minuman Tinggi Gula pada Anak

Health | Jum'at, 10 Oktober 2014 | 11:30 WIB

Terkini

Kelas Menengah RI Tercekik, Ekonom Peringatkan Pemerintah

Kelas Menengah RI Tercekik, Ekonom Peringatkan Pemerintah

Bisnis | Senin, 10 Agustus 2026 | 07:28 WIB

Demi Efisiensi, Prabowo Perintahkan Pertamina dan PLN Pangkas Anak-Cucu Perusahaan

Demi Efisiensi, Prabowo Perintahkan Pertamina dan PLN Pangkas Anak-Cucu Perusahaan

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 07:26 WIB

Kata-kata Aneh PM Jepang Tak Sebut Pihak yang Paling 'Berdosa' di Bom Hiroshima - Nagasaki

Kata-kata Aneh PM Jepang Tak Sebut Pihak yang Paling 'Berdosa' di Bom Hiroshima - Nagasaki

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 07:23 WIB

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Ini Saham yang Potensi Cuan

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Ini Saham yang Potensi Cuan

Bisnis | Senin, 10 Agustus 2026 | 07:16 WIB

Beraninya! Israel Tolak Mentah-mentah Rencana Damai Donald Trump untuk Gaza

Beraninya! Israel Tolak Mentah-mentah Rencana Damai Donald Trump untuk Gaza

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 07:12 WIB

Perintah Prabowo ke PLN-Pertamina : Segera Pangkas Anak-Cucu Perusahaan

Perintah Prabowo ke PLN-Pertamina : Segera Pangkas Anak-Cucu Perusahaan

Bekaci | Senin, 10 Agustus 2026 | 07:05 WIB

Anime Firefly Wedding Bagikan Trailer Baru dan Ungkap Jadwal Tayang Oktober

Anime Firefly Wedding Bagikan Trailer Baru dan Ungkap Jadwal Tayang Oktober

Your Say | Senin, 10 Agustus 2026 | 07:05 WIB

3 Shio Paling Beruntung Pekan Ini, Ketiban Rezeki dan Kesuksesan Mulai 10 Agustus 2026

3 Shio Paling Beruntung Pekan Ini, Ketiban Rezeki dan Kesuksesan Mulai 10 Agustus 2026

Lifestyle | Senin, 10 Agustus 2026 | 06:35 WIB

Teks Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka, Lengkap dengan Tips Mudah Menghafalnya

Teks Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka, Lengkap dengan Tips Mudah Menghafalnya

Lifestyle | Senin, 10 Agustus 2026 | 06:30 WIB

Apoteka Bahagia Medifarma Gelar Skrining Kesehatan Terpadu di Surabaya

Apoteka Bahagia Medifarma Gelar Skrining Kesehatan Terpadu di Surabaya

Jatim | Senin, 10 Agustus 2026 | 05:00 WIB

×