Beginilah Gejalanya Jika Anak Anda Alergi Susu Sapi

Arsito Hidayatullah | Firsta Nodia
Beginilah Gejalanya Jika Anak Anda Alergi Susu Sapi
Ilustrasi anak minum susu. (Shutterstock)

Penting bagi ibu untuk memahami gejala alergi susu sapi pada anak.

Suara.com - Alergi susu sapi pada anak bisa diketahui sejak usia 0-6 bulan pertama sejak lahir. Oleh karena itu, penting bagi sang ibu untuk memahami gejala alergi susu sapi pada anak agar tidak mengganggu tumbuh kembangnya.

Lalu apa saya gejala alergi susu sapi? Menurut Konsultan Ahli Alergi-Imunologi dari RSCM, dr Zakiudin Munasir, SpA(K), gejala yang paling sering muncul pada anak yang mengalami alergi susu sapi antara lain gangguan saluran cerna seperti muntah, kolik, diare, terdapat darah di feses dan gangguan pada kulit yang berupa bentol merah gatal, bentol merah berisi cairan, dan kulit kering.

"Gejala klinis yang mungkin muncul adalah bengkak dan gatal di bibir sampai lidah, nyeri dan kejang perut, muntah sampai diare berat yang disertai darah," ungkap dokter Zaki pada Seminar Umum yang digelar Sarihusada di RS Harapan Kita Jakarta, Sabtu (10/10/2015).

Lebih lanjut Ia menambahkan bahwa alergi ini juga bisa berdampak pada gangguan saluran pernapasan seperti bersin-bersin disertai gatal di hidung, hidung tersumbat, batuk pilek berulang, sesak napas, dan asma. Di Indonesia sendiri, lanjutnya, gejala paling umum adalah gangguan pernapasan (51.5%), kulit (48.7%) dan pada pencernaan (39.3%).

"Setelah mengenali satu atau lebih gejala alergi pada anak, segera konsultasikan ke tenaga medis untuk mendapatkan penanganan dan nutrisi yang tepat," imbuhnya.

Gejala alergi ini dikatakan dr Zaki umumnya akan berhenti pada usia tiga tahun. Namun seringkali gejala ini menghambat tumbuh kembang anak. Pemberian nutrisi yang tepat dan lengkap sangat dibutuhkan, agar anak bisa tumbuh optimal.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS