Pengantin Baru, Hati-hati Terkena "Honeymoon Cycitis"

Ririn Indriani
Pengantin Baru, Hati-hati Terkena "Honeymoon Cycitis"
Ilustrasi. (Shutterstock)

Keluhan ini biasanya terjadi saat bulan madu.

Suara.com - Tanya:

Selamat malam Dokter,
Saya perempuan yang sudah 5 bulan menikah. Bulan kedua pernikahan, vagina saya iritasi. Kondisinya sempat luka dan bernanah.

Ketika saya konsultasi ke bidan, saya didiagnosa mengalami honeymoon cycitis. Ketika luka di vagina saya telah mengering dan tidak sakit lagi, suami saya bilang jika lubang vagina saya berubah bentuknya.

Bagian kulit yang pernah luka (bernanah) menempel sehingga lubang vagina saya jadi lebih kecil. Namun saya masih bisa buang air kecil, Dok.

Yang saya tanyakan apakah vagina saya dengan kondisi tersebut berbahaya? Ataukah perlu penanganan khusus? Saya belum pernah berhubungan intim lagi semenjak suami saya menemukan keanehan tersebut. Mohon bantuannya. Terima kasih.

SA

Jawab:

Selamat malam Saudari SA,    
Honeymoon Cytitis adalah suatu peradangan saluran kemih bagian bawah yang biasanya terjadi pada saat bulan madu. Gangguan ini lebih sering dialami oleh pasangan muda yang baru saja menikah.

Peradangan pada kandung kemih tersebut biasanya terjadi saat melakukan hubungan intim, di mana bakteri dari saluran kelamin dan anus terdorong ke saluran kemih. Perempuan biasanya lebih rentan terkena penyakit ini dibandingkan laki-laki.

Gejala yang ditimbulkan oleh Honeymoon Cytitis di antaranya, rasa seperti terbakar dan rasa nyeri saat buang air kecil, frekuensi buang air kecil meningkat atau menjadi sering, urine berwarna keruh atau merah dan rasa nyeri di bagian atas tulang pubis (tempat tumbuhnya rambut kemaluan) hingga sangat mengganggu dan menghambat Anda dalam berhubungan intim dengan pasangan.

Jika ada luka pada vagina dan perlengketan yang suami Anda maksud sebaiknya diperiksakan secara langsung pada dokter spesialis kebidanan atau kulit dan kelamin.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.


Dijawab oleh: dr. Shabrina Izzati
Sumber: http://meetdoctor.com

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS