Ternyata Bumil Selama Ini Tak Capai Berat Badan Sehat

Chaerunnisa, Risna Halidi

Kamis, 08 Juni 2017 | 15:00 WIB
Ternyata Bumil Selama Ini Tak Capai Berat Badan Sehat
Ilustrasi ibu hamil makan yogurt. (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah penelitian dari Australia menyebutkan, sebagian besar perempuan tidak mencapai berat badan yang sehat selama kehamilan.

Periset dari Universitas Monash melakukan studi komprehensif terhadap 1,3 juta perempuan hamil di seluruh dunia dan menemukan lebih dari setengah perempuan memiliki berat badan berlebih selama kehamilan sementara seperempatnya tidak mendapatkan cukup berat badan ideal.

Helena Teede, peneliti utama penelitian, memperingatkan perempuan yang tidak mendapatkan cukup berat badan akan menghadapi peningkatan risiko kelahiran prematur.

Sementara mereka yang kelebihan berat badan cenderung memerlukan kelahiran secara caesar. Periset menganalisis lebih dari 5.300 studi internasional tentang perempuan hamil, dan menemukan pada awal kehamilan 38 persen perempuan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, 55 persen memiliki berat badan normal dan 7 persen kekurangan berat badan.

Teede mengatakan, perempuan yang memiliki berat badan lebih cenderung mengalami kenaikan berat badan lebih cepat saat kehamilan berlangsung.

"Anda seharusnya tidak menambah berat badan pada trimester pertama, sedikit di trimester kedua, dan hanya sedikit di posisi ketiga," kata Teede kepada media Australia.

"Anda hanya harus meningkatkan asupan kalori Anda dengan jumlah kecil. Anda tidak makan untuk dua orang,"  sambungnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, studi tersebut menyoroti kebutuhan  strategi untuk memantau dan mengoptimalkan berat badan yang sehat di antara ibu-ibu.

"Studi terbaru ini, lebih dari sebelumnya, bahwa berat badan perlu dipantau pada kehamilan dan perempuan diberi dukungan untuk memperbaiki gaya hidup," kata Teede dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan, profesional kesehatan perlu didorong dan dilatih untuk memiliki "percakapan sehat" yang memperkenalkan intervensi gaya hidup yang relatif sederhana untuk mendukung perempuan sebelum, selama dan setelah kehamilan.

"Kami tahu apa yang harus dilakukan dan sekarang perlu menerapkan bukti yang ada untuk membantu perempuan dan generasi berikutnya menjadi lebih sehat." (Zeenews)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Mual dan Muntah Saat Hamil? Ini yang Harus Dilakukan

Mual dan Muntah Saat Hamil? Ini yang Harus Dilakukan

Health | Senin, 22 Mei 2017 | 19:46 WIB

Studi: Suhu Hangat Bikin Bumil Berisiko Diabetes

Studi: Suhu Hangat Bikin Bumil Berisiko Diabetes

Health | Senin, 22 Mei 2017 | 14:15 WIB

Sedang Hamil, Bolehkah Berpuasa?

Sedang Hamil, Bolehkah Berpuasa?

Health | Kamis, 18 Mei 2017 | 14:04 WIB

Di Sini Para Ibu Saling Menguatkan Agar Tak Depresi

Di Sini Para Ibu Saling Menguatkan Agar Tak Depresi

Lifestyle | Sabtu, 22 April 2017 | 10:33 WIB

Studi: Obesitas pada Ibu Hamil Berisiko Lahirkan Anak Epilepsi

Studi: Obesitas pada Ibu Hamil Berisiko Lahirkan Anak Epilepsi

Health | Rabu, 05 April 2017 | 14:45 WIB

Studi: Suplemen Kehamilan Tak Mampu Dongkrak IQ Anak

Studi: Suplemen Kehamilan Tak Mampu Dongkrak IQ Anak

Health | Kamis, 23 Maret 2017 | 12:35 WIB

Ibu Hamil Kurang Makan Sayur dan Buah, Ini 4 Risikonya pada Bayi

Ibu Hamil Kurang Makan Sayur dan Buah, Ini 4 Risikonya pada Bayi

Health | Senin, 20 Maret 2017 | 19:26 WIB

Bahayanya Bila Ibu Hamil Konsumsi Vitamin A Berlebihan

Bahayanya Bila Ibu Hamil Konsumsi Vitamin A Berlebihan

Health | Selasa, 14 Maret 2017 | 15:06 WIB

Terkini

Bibit Durian Diturunkan di Pelabuhan Makassar Padahal Punya Izin, Ini Respons Badan Karantina

Bibit Durian Diturunkan di Pelabuhan Makassar Padahal Punya Izin, Ini Respons Badan Karantina

Sulsel | Rabu, 12 Agustus 2026 | 05:11 WIB

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:53 WIB

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Bogor | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:37 WIB

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Jabar | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:13 WIB

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:03 WIB

Resah, Puluhan Pimpinan Media Lokal dari 4 Provinsi Kumpul di Pekanbaru Bahas Ekosistem Media

Resah, Puluhan Pimpinan Media Lokal dari 4 Provinsi Kumpul di Pekanbaru Bahas Ekosistem Media

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:55 WIB

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:35 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:27 WIB

×