Alexa

Awas, Kelebihan Alkohol Akibatkan Insomnia kepada Remaja

Madinah | Risna Halidi
Awas, Kelebihan Alkohol Akibatkan Insomnia kepada Remaja
Ilustrasi minuman beralkohol, sampanye. (Shutterstock)

Para peneliti memeriksa keterkaitan konsumsi alkohol dengan masalah yang berhubungan dengan tidur pada siswa kelas tujuh dan delapan.

Suara.com - Konsumsi alkohol secara berlebih pada kalangan remaja dapat menyebabkan insomnia. Hal ini seperti disebutkan sebuah penelitian terbaru.

"Temuan ini menunjukkan bahwa insomnia mungkin merupakan penanda risiko unik untuk penggunaan alkohol di kalangan remaja muda," kata Naomi Marmorstein, profesor di Rutgers University-Camden, Amerika Serikat.

Para peneliti memeriksa keterkaitan konsumsi alkohol dengan masalah yang berhubungan dengan tidur pada siswa kelas tujuh dan delapan. Seperti diketahui, di AS konsumsi alkohol merupakan hal lumrah.

Ilmuwan juga memeriksa apakah gejala masalah kesehatan mental atau tingkat pemantauan orangtua bisa menjadi penyebabnya.

Dalam penelitiannya, remaja ditanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi peserta studi untuk tertidur, kapan mereka biasanya tidur pada hari kerja, serta kapan mereka tertidur pada akhir pekan atau malam saat liburan.

Selain itu, mereka juga ditanya seberapa sering mengalami gangguan tidur dan apakah pernah tertidur dalam kelas atau mengalami kesulitan tidur setelah pulang sekolah. Frekuensi konsumsi alkohol selama empat bulan sebelum penelitian juga menjadi salah satu poin yang ditanyakan.

"Orangtua, pendidik dan terapis harus menganggap insomnia sebagai risiko dari mengonsumsi alkohol di antara remaja awal," kata Marmorstein.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS