Alexa

Mendadak Cas Cis Cus Bahasa Asing karena Minuman Ini

Chaerunnisa | Risna Halidi
Mendadak Cas Cis Cus Bahasa Asing karena Minuman Ini
Ilustrasi minum alkohol (Foto: Shutterstock)

Minuman alkohol ternyata bisa membuat pelaku yang meminumnya mendadak jago berbahasa asing.

Suara.com - Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi kecemasan sosial. Bahkan, kedua hal tersebut juga dapat membuat seseorang meningkatkan kemampuan bahasa mereka.

Mengonsumsi alkohol dapat memberikan dorongan seseorang untuk berbicara dengan orang lain, sehingga bisa membuat mereka menjadi ahli bahasa asing.

Melihat kemungkinan tersebut, periset kemudian menguji efek rendah kadar alkohol terhadap kemampuan self-rated dan observer-rated peserta untuk berkomunikasi dalam bahasa Belanda.

Peserta penelitian adalah 50 orang penutur asli bahasa Jerman yang sedang belajar di Universitas Maastricht di Belanda, dan baru-baru ini saja belajar untuk berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Belanda.

Peserta diacak untuk kemudian diminta mengonsumsi alkohol dengan dosis rendah atau minuman kontrol yang tidak mengandung alkohol, sebelum akhirnya mereka diminta mengobrol sebagai eksperimen memggunakan bahasa Belanda selama beberapa menit.

Dosis alkohol yang tepat bervariasi tergantung pada berat badan peserta. Namun,  setara dengan hanya lima liter bir untuk laki-laki dengan bobot 70 kg.

Obrolan itu didengarkan secara audio, dan kemampuan bahasa asing peserta kemudian dinilai oleh dua orang penutur asli Belanda yang tidak tahu apakah partisipan telah mengonsumsi alkohol atau tidak. Peserta juga diminta menilai kemampuan bahasa Belanda mereka selama percakapan berlangsung.

Para periset menemukan, partisipan yang telah mengonsumsi alkohol memiliki peringkat pengamatan yang jauh lebih baik untuk bahasa Belanda, khususnya pengucapan yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol.

"Studi kami menunjukkan bahwa konsumsi alkohol mungkin memiliki efek menguntungkan pada pengucapan bahasa asing pada orang yang baru memelajari bahasa tersebut," ungkap Dr Inge Kersbergen, dari Institut Psikologi, Kesehatan dan Masyarakat Universitas Liverpool, Inggris.

"Ini memberikan beberapa dukungan untuk kepercayaan awam atau mitos bahwa alkohol dengan dosis rendah dapat meningkatkan kemampuan mereka berbicara dalam bahasa kedua," tandasnya. (Zeenews)

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Hayoo ngaku siapa yang suka ngeliatin pria beruban 😆 #DidYouKnow
.
.
.
#fakta #faktapria #faktawanita #uban #rambut #catrambut #coloring #georgeclooney #markrufallo #tahukahkamu #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS