Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Alami dan Paling Ampuh

Kusuma
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Alami dan Paling Ampuh
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Aman, Mudah dan Alami

Ini tips cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang jauh dari efek samping. Bekas jerawat atau noda berupa flek hitam dapat diatasi menggunakan bahan alami yang aman bagi kulit kita.

Suara.com - Jerawat merupakan kondisi kulit yang sedang bermasalah, biasanya diawali dengan timbulnya bintik-bintik di beberapa bagian pada tubuh kita. Bagian tubuh yang biasa dihuni jerawat antara lain punggung, wajah dan dada.

Ada dua kategori bintik-bintik yang muncul, ada bintik ringan dan ada bintik parah. Untuk bintik ringan umumnya sering dialami oleh siapa saja yaitu adanya komedo hitam ataupun putih. Nah untuk bintik parah, inilah bintik yang biasanya menyebabkan bekas luka atau bopeng karena umumnya disituasi bintik parah ini terdapat nanah dan kista.

Gejala timbulnya jerawat bukan hanya adanya bintik-bintik komedo, namun kulit berminyakpun juga menjadi tanda awal jerawat datang dengan cepat. Perlu anda tahu jika jerawat bisa tumbuh diusia berapa saja namun intensitas tinggi timbulnya jerawat itu akan dialami oleh remaja yang kisaran umurnya 14 sampai 19 tahun.

Ini bukan berarti yang usianya diatas itu aman dari jerawat, karena hasil penelitian pun menjelaskan siapa saja yang berusia dibawah 28 tahun juga masih berpeluang di datangi jerawat, namun tidak serentan yang berusia remaja tadi.

Apabila jerawat sudah timbul, maka kita tidak akan merasa nyaman karena kulit bakal terasa sakit waktu disentuh dan agak terasa panas. Paling banyak umumnya jerawat akan muncul pada bagian wajah, tingkat kesensitifan kulit wajah mempengaruhi sedikit atau banyaknya jerawat yang datang. Nah sebagian besar orang pernah mengalaminya, mungkin Anda juga pernah atau memang masih memiliki jerawat di wajah sekarang ini.

Jerawat biasa, pasir ataupun jerawat batu akan membuat penderita tidak sabaran untuk menghilangkannya dan buru-buru dipencet. Resiko paling banyak terjadi setelah anda melakukan hal itu adalah terlihatnya bekas jerawat atau noda berupa flek hitam, dan ini akan membuat kepercayaan diri menurun, betul atau benar?

Disamping urusan kesehatan, masalah menurunnya kepercayaan diri tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja anda dimanapun anda berada, yang artinya masalah bekas jerawat ini adalah hal yang mesti diperhatikan dengan serius dan ditangani dalam waktu yang cepat.

Untungnya ada cara aman dan ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat tadi, kenapa aman? karena kita cukup menggunakan bahan-bahan alami yang sangat mudah ditemui. Jadi, akan saya beri tips cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang jauh dari efek samping buruk buat kulit anda seperti kalau memakai obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Baiknya dalam mengikuti metode menghilangkan bekas jerawat dengan cara alami ini anda sudah benar-benar mengenali kondisi kulit anda, apakah termasuk kulit yang mudah alergi terhadap zat tertentu atau tidak dengan memeriksa atau konsul ke dokter yang biasa anda datangi. Namun umumnya cara alami ini akan sangat aman untuk jenis kulit apapun.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cara Alami

Jika Anda menjalankan tips mengatasi masalah wajah secara alami ini dengan rutin, saya yakin anda akan merasakan khasiatnya dan aman dari efek samping. Oke, inilah bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami:

1. Menggunakan Bawang Putih

Taukah Anda bahwa bawang putih berkhasiat untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat, ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin yang berguna untuk antiseptik dan luar biasanya juga terdapat kandungan thiacremonon sulfur yang mampu membuat jerawat jadi mudah cepat kering. Jadi jangan hanya menjadi bumbu masakan anda saja ya, kedua senyawa yang terkandung dalam bawang putih ini bisa membuat kulit anda bersih dari bekas jerawat loh.

Cara penggunaannya:

. Tumbuk bawang putih sampai halus dalam wadah yang bersih
. Oleskan dibagian wajah yang ada bekas jerawatnya
. Diamkan olesan tadi selama beberapa menit
. Kemudian anda bilas wajah anda dengan air hangat

2. Menggunakan Cuka Sari Apel

Mungkin cuka sari apel belum banyak diketahui manfaatnya, atau mungkin sebagian dari anda belum mengetahui apa itu cuka sari apel. Cuka sari apel berasal dari buah apel yang diproses tanpa filter dan pasteurisasi, ini dilakukan untuk menjaga keutuhan khasiatnya.

Cara penggunaannya:

. Siapkan air bersih dalam gelas kurang lebih 100 ml
. Masukkan cuka sari apel sekitar 5 ml
. Aduk campuran air dan cuka sari apel tadi
. Ambil kapas secukupnya, lalu oleskan memakai kapas
. Diamkan kurang lebih 10-15 menit
. Cuci muka dengan air hangat
. Lakukan secara rutin pagi dan malam

3. Memanfaatkan Ketimun (Mentimun)

Ketimun (Mentimun) merupakan pelengkap dalam makanan yang sering kita nikmati, selain bermanfaat untuk dimakan mentimun memiliki kelebihan lain yakni mengandung antioksidan yang dapat menangkal efek radikal bebas yang membahayakan kesehatan kulit.
Juga mengandung Astringent yang berfungsi mengatasi kemerahan pada kulit serta menghilangkan bekas jerawat.

Cara penggunaannya:

. Cuci ketimun hingga bersih
. Irislah ketimun menjadi beberapa irisan tipis
. Letakkan irisan ketimun pada wajah
. Diamkan hingga 30 menit saat pagi dan malam (akan lebih baik semalaman untuk waktu malam)
. Bersihkan dengan air hangat

4. Menggunakan Kulit Jeruk

Sekarang setelah makan jeruk jangan langsung buang kulitnya yaa, karena kulit jeruk memiliki manfaat untuk membersihkan pori-pori kulit kita dari debu dan kotoran melalui kandungan asam hidroksi dan vitamin C nya yang memang tinggi. Dahsyatnya senyawa didalam kulit jeruk dapat mengangkut sel kulit yang sudah mati loh. Satu lagi khasiat dari kulit jeruk ini yakni mampu menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa diandalkan.

Cara penggunaannya:

. Jemur kulit jeruk yang akan digunakan dibawah terik matahari hingga kondisinya mengering.
. Tumbuk kulit jeruk yang sudah dikeringkan hingga halus berupa bubuk
. Campur kulit jeruk yang sudah menjadi bubuk dengan air secukupnya agar bisa diaduk membentuk pasta
. Balurlah pasta yang sudah siap diarea bekas jerawat anda
. Biarkan hingga 30 menit atau semalaman
. Bilas dan bersihkan memakai air hangat

5. Menggunakan Lemon

Tidak diragukan lagi bahwa lemon sudah dibuktikan oleh banyak orang dalam menghilangkan bekas jerawat. Lemon memiliki kandungan yang membuat produksi kolagen pada kulit kita lebih cepat dan mendorong percepatan pembentukan sel kulit baru. Bukan hanya menghilangkan noda bekas jerawat, lemon mampu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.

Cara penggunaannya:

. Belah lemon menjadi 2 bagian
. Kemudian peras lemon diatas penyaringan agar bijinya terpisah
. Balurkan air perasan lemon ke noda bekas jerawat
. Diamkan sekitar 15 menitan
. Bersihkan wajah dengan air dingin
. Lemon bisa berdampak membuat kulit lebih kering, untuk mengatasinya ambillah sedikit pelembab dan oleskan setelah penggunaan lemon ini
. 2 kali sehari akan baik untuk anda

6. Menggunakan Putih Telur

Putih telur merupakan obat menghilangkan bekas jerawat alami yang keampuhannya tidak perlu diragukan. Manfaat proteinnya untuk tubuh bukan hanya untuk dalam tubuh, namun juga luar tubuh tepatnya untuk kulit kita. Kandungan asam amino dan protein yang ada dalam putih telur membantu percepatan regenerasi kulit dan dapat membuat pori-pori wajah mengecil serta mengencangkan kulit.

Cara penggunaannya:

. Pecahkan telur lalu ambil putih telurnya saja
. Langsung oleskan putih telur tadi menggunakan kapas bersih
. Diamkan hingga 10-30 menit atau semalaman
. Bersihkan dengan air hangat
. Lakukan seminggu cukup 3 sampai 4 kali

Itulah enam cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami, pilih salah satu dari cara-cara tersebut yang gampang dipraktekkan bagi anda. Dan ingat anda juga harus mempertimbangkan jenis kulit anda kira-kira cocok dengan metode yang mana. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada diantara anda yang memang kulitnya mudah alergi dengan zat tertentu.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS