facebook

Mata Bayi Kena Parfum, Berbahayakah?

Ririn Indriani
Mata Bayi Kena Parfum, Berbahayakah?
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan mata anak. (Shutterstock)

Ada pertolongan pertama yang harus dilakukan bila mata bayi kena parfum.

Suara.com - Tanya:

Selamat siang Dokter,
Dok, mata bayi saya kena parfum, lalu saya langsung tetesi air putih. Sempat memerah tapi sekarang sudah tidak lagi, apakah itu berbahaya? Apa yang harus saya lakukan? Mohon sarannya, Dok. Terima kasih.

KS

 
Jawab:

Selamat siang Ibu KS,
Parfum bisa menyebabkan rasa pedih serta iritasi pada mata. Penanganan pertama jika terjadi iritasi pada mata adalah dengan membilasnya menggunakan air mengalir selama 15 menit.

Setelah dibilas sebaiknya diperiksakan ke dokter mata. Dalam kasus anak Anda, bayi akan lebih rentan mengalami iritasi tidak hanya di matanya tapi juga di kulit sekitar mata.

Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda memeriksakan si kecil ke dokter mata agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk melihat adakah iritasi lebih lanjut sehingga anak bisa diberikan penanganan yang tepat untuk menenangkan matanya agar tidak terjadi kerusakan.

Mengenai bahaya atau tidaknya hal ini tidak bisa dipastikan hanya melalui deskripsi tulisan saja. Dokter harus melakukan pemeriksaan secara langsung dahulu baru bisa mengetahui kondisi mata anak Anda.

Umumnya jika parfum hanya di bagian kulit sekitar mata, maka tidak terlalu berbahaya bagi penglihatannya. Namun jika parfum tersebut mengenai bagian bola mata, maka akan dibutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter mata.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

Dijawab oleh: dr. Rizka Amelia
Sumber: https://meetdoctor.com

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS