Enam Cara Ini Terbukti Ampuh Menenangkan Bayi Menangis

Ririn Indriani
Enam Cara Ini Terbukti Ampuh Menenangkan Bayi Menangis
Ibu menenangkan bayi menangis. (Shutterstock)

Sebagian ibu terkadang masih bingung bagaimana cara menenangkan bayi menangis.

Suara.com - Menangis merupakan cara alami bayi untuk menyampaikan rasa tidak nyaman atau tanda membutuhkan sesuatu, tapi sebagai ibu baru, Anda mungkin kebingungan menenangkan bayi menangis.

Jangan khawatir, ada beberapa teknik atau cara yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan bayi menangis. Seperti apa? Berikut ulasan yang dihimpun Hello Sehat.

1. Membedong Bayi
Berada dalam bedongan bisa mencegah tubuh bayi gemetaran, sehingga membuatnya merasa lebih aman dan nyaman. Di samping itu, cara ini juga bisa membantu bayi tertidur lebih tenang dan nyenyak.

Jika ingin membedong bayi, pastikan Anda tahu bagaimana cara yang benar. Terlalu erat membedong bayi bisa menyebabkan merusak persendian kaki bayi.

Tak hanya itu, salah membedong bayi juga bisa merusak tulang rawan dari rongga pinggul yang mengarah pada hip dysplasia, yaitu gangguan pembentukan sendi pinggul ketika tulang paha terlepas dan tidak berada tepat di rongga pinggul.

Risiko lain yang bisa timbul bila membedong bayi terlalu kencang bisa membuatnya sulit bernapas dengan baik.

2. Posisikan Bayi Meringkuk
Di dalam rahim, bayi menghabiskan sebagian besar waktunya dalam posisi meringkuk. Nah, itu sebabnya menggendong atau membaringkan bayi dalam posisi meringkuk bisa membuat bayi merasa lebih nyaman.

Posisi ini dilakukan dengan mengapit bayi pada sisi tubuh, tepatnya di bawah lengan Anda. Perlu diketahui, meletakkan bayi dalam posisi seperti ini, hanya dilakukan jika terus-menerus menangis.

Sementara dalam kondisi biasa, selalu letakkan bayi dalam posisi telentang.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS