Cara Alami Redakan Sakit Gusi pada Bayi Akibat Tumbuh Gigi

Vania Rossa
Cara Alami Redakan Sakit Gusi pada Bayi Akibat Tumbuh Gigi
seorang bayi sedang menguap saat terbaring. [shutterstock]

Saat tumbuh gigi, kondisi gusi biasanya memerah dan bengkak yang membuat bayi tidak nyaman.

Suara.com - Tumbuh gigi bisa bikin bayi jadi rewel, karena rasa sakit dan bengkak yang dialaminya pada gusi. Beberapa orangtua, ada yang mengatasi hal ini dengan mengoleskan teething gel, gel pereda nyeri gusi. Tapi, kadang orangtua suka khawatir jika memberikan obat atau apapun yang mengandung bahan kimia kepada bayi.

"Semua obat-obatan mengandung risiko dan kemungkinan reaksi buruk saat digunakan," tulis Sarah Ockwell-Smith, ibu empat anak, penulis 'The Parenting Parenting Book' kepada The Independent.

"Semua obat memang telah didesain memiliki risiko yang sangat kecil, karena telah melalui pengujian ketat. Sehingga produk farmasi memastikan bahwa obat-obatannya benar-benar aman, terutama obat untuk bayi dan anak-anak,” tulisnya lagi.

Namun, banyak orangtua memutuskan untuk lebih memilih mengobati rasa sakit pada gusi bayi mereka secara alami. Apakah termasuk Anda? Kalau ya, coba 3 tips alternatif untuk membantu meredakan rasa nyeri pada gusi bayi tanpa bahan kimia sama sekali.

1. Jika bayi masih ASI eksklusif, bekukan ASI Anda menggunakan cetakan es krim loli dan berikan saat bayi rewel karena sakit gusi. Isapan benda dingin bisa membantu meredakan rasa sakit.

2. Mainan gigit terbuat dari silikon dirancang untuk dimainkan dan digigit-gigit oleh bayi yang sedang mengalami masalah tumbuh gigi. Gigitan akan membantu meredakan ketidaknyamanan pada gusi bayi. Tapi jangan lupa untuk selalu membersihkan dengan sabun dan air hangat setiap kali akan menggunakan dan usai memakainya, ya.

3. Sering-seringlah memeluk bayi, karena memeluk membantu melepaskan hormon oksitosin yang memiliki efek menghilangkan rasa sakit ringan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS