Tentang Melanoma, Kanker Kulit Ganas yang Diderita Adara Taista

Ririn Indriani
Tentang Melanoma, Kanker Kulit Ganas yang Diderita Adara Taista
Adara Taista (Instagram)

Masyarakat harus tahu apa itu melanoma, kanker kulit ganas yang merenggut nyawa Adara Taista.

Suara.com - Adara Taista, menantu politikus sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, yang meninggal dunia akibat melanoma, membuat masyarakat kembali diingatkan tentang bahaya kanker kulit ganas tersebut.

Melanoma itu sendiri dilansir dari Go Dok merupakan tumor kulit ganas yang terjadi akibat perkembangan abnormal dari sel melanosit (sel pigmen kulit).

Penyakit ini merupakan salah satu kanker kulit yang paling ganas dengan kejadian yang terus meningkat di seluruh dunia, terutama pada populasi berkulit terang.

Penyakit ini biasanya didiagnosis pada usia rata-rata 50 tahun, namun pada saat ini usia dewasa muda pun bisa menderita penyakit tersebut. Meskipun begitu, melanoma sangat jarang terjadi pada anak-anak.

Perlu diketahui, melanoma sering menyerupai tahi lalat bahkan beberapa kejadian melanoma berkembang dari tahi lalat. Mayoritas berwarna hitam atau coklat, tapi bisa juga berwarna merah muda, merah, ungu, biru atau putih.

Lantas, apa penyebab dari Melanoma? Hingga kini belum diketahui secara pasti apa Penyebabnya. Namun paparan radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit ini.

Dengan membatasi paparan radiasi sinar ultraviolet dapat membantu mengurangi risiko Melanoma.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS