Seruput 4 Cangkir Kopi Sehari Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Ririn Indriani, Firsta Nodia

Sabtu, 23 Juni 2018 | 15:35 WIB
Seruput 4 Cangkir Kopi Sehari Turunkan Risiko Penyakit Jantung
Ilustrasi secangkir kopi. (Shutterstock)

Suara.com - Risiko penyakit jantung bisa turun bila minum kopi tanpa pemanis atau gula.

Baru-baru ini sebuah penelitian mengaitkan konsumsi kafein yang banyak ditemukan pada kopi dengan peningkatan kesehatan jantung.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS Biology ini bahkan menyarankan untuk mengonsumsi empat cangkir kopi sehari, karena terbukti dapat melindungi sel-sel kardiovaskular dari kerusakan.

Peneliti dari Heinrich-Heine-University dan IUF-Leibniz Research Institute for Environmental Medicine di Düsseldorf, Jerman, menjelaskan bahwa kafein memiliki manfaat dalam memperbaiki sel-sel pembuluh darah arteri dan vena yang rusak.

Lebih lanjut menurut penelitian yang dilansir Independent.co.uk menyebutkan, kafein mampu menginduksi pergerakan protein yang disebut p27 ke mitokondria yang pada akhirnya menyebabkan sel-sel otot jantung terlindungi dari kematian sel.

"Dalam percobaan terhadap tikus, kami menemukan kafein adalah pelindung optimal dari kerusakan jantung. Kami meyakini hal ini juga berlaku pada manusia," ujar penulis studi Profesor Judith Haendeler.

Tak hanya pada dewasa muda, risiko jantung yang lebih rendah akibat mengonsumsi kopi secara teratur juga dirasakan pada lansia. Meski demikian, Haendeler mengimbau agar masyarakat membatasi penggunaan gula pada minuman kopi untuk menghindari risiko diabetes.

"Hasil temuan ini mengarah pada cara mudah untuk melindungi otot jantung dari kerusakan, yakni dengan mengonsumsi kopi maksimal empat cangkir per hari tanpa pemanis," tandas dia.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Penjualan Menurun, Starbucks Akan Tutup 150 Gerai Kopinya

Penjualan Menurun, Starbucks Akan Tutup 150 Gerai Kopinya

Bisnis | Rabu, 20 Juni 2018 | 14:49 WIB

Kopi Brokoli, Tren Ngopi Sehat Terbaru

Kopi Brokoli, Tren Ngopi Sehat Terbaru

Lifestyle | Sabtu, 09 Juni 2018 | 10:30 WIB

Teh Lebih Merusak Gigi Dibanding Kopi

Teh Lebih Merusak Gigi Dibanding Kopi

Lifestyle | Kamis, 19 April 2018 | 13:33 WIB

Terkini

5 Penyebab Kenapa Nasi di Rice Cooker Cepat Basi dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Kenapa Nasi di Rice Cooker Cepat Basi dan Cara Mengatasinya

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:55 WIB

Pasir Putih Situbondo Dibuka untuk Investor, Investasi Ditaksir Rp40 Miliar

Pasir Putih Situbondo Dibuka untuk Investor, Investasi Ditaksir Rp40 Miliar

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:49 WIB

6 Zodiak Paling Tidak Sabar: Anti Lelet dan Benci Hal yang Bertele-tele

6 Zodiak Paling Tidak Sabar: Anti Lelet dan Benci Hal yang Bertele-tele

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:43 WIB

Ekshumasi Sutrimo Digelar Tanpa Keluarga, Kuasa Hukum: Mereka Tak Kuat Lihat Jasad

Ekshumasi Sutrimo Digelar Tanpa Keluarga, Kuasa Hukum: Mereka Tak Kuat Lihat Jasad

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:38 WIB

GrabAcademy Buka Jalan Mitra Naik Kelas, dari Driver hingga Jadi Pengusaha

GrabAcademy Buka Jalan Mitra Naik Kelas, dari Driver hingga Jadi Pengusaha

Tekno | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:35 WIB

Penjualan Eceran Juli 2026 Diprediksi Tumbuh 0,9 Persen, Makanan dan Minuman Jadi Penopang

Penjualan Eceran Juli 2026 Diprediksi Tumbuh 0,9 Persen, Makanan dan Minuman Jadi Penopang

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:20 WIB

Daftar Tuduhan Mantan Presiden Suriah Bashar Al Assad Hingga Divonis Hukuman Mati

Daftar Tuduhan Mantan Presiden Suriah Bashar Al Assad Hingga Divonis Hukuman Mati

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:17 WIB

WNI Jadi Korban Tewas! Ini Kronologi Kapal Kargo Diserang Rudal di Selat Bab el-Mandeb

WNI Jadi Korban Tewas! Ini Kronologi Kapal Kargo Diserang Rudal di Selat Bab el-Mandeb

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:17 WIB

Duel 2 Serum Wardah untuk Atasi Jerawat: Acne Care vs Acne Relief, Mana yang Beri Hasil Instan?

Duel 2 Serum Wardah untuk Atasi Jerawat: Acne Care vs Acne Relief, Mana yang Beri Hasil Instan?

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:15 WIB

Bintang Harry Potter Cuan Besar Gabung OnlyFans, Gaji 12 Bulan Setara Main Film Bertahun-tahun

Bintang Harry Potter Cuan Besar Gabung OnlyFans, Gaji 12 Bulan Setara Main Film Bertahun-tahun

Entertainment | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:11 WIB

×