Manusia Masih Bisa Hidup Tanpa 5 Organ Tubuh Ini

M. Reza Sulaiman
Manusia Masih Bisa Hidup Tanpa 5 Organ Tubuh Ini
Tanpa 5 organ tubuh ini, manusia tetap bisa hidup. [Shutterstock]

Tahukah Anda bahwa ada 5 organ tubuh yang jikapun hilang, manusia tetap bisa hidup?

Suara.com - Organ tubuh memiliki fungsi untuk menjamin tubuh manusia bekerja, dan membuat manusia hidup. Namun, tahukah Anda bahwa ada 5 organ tubuh yang jikapun hilang, manusia tetap bisa hidup?

1. Ginjal

Manusia dilahirkan dengan sepasang ginjal di kiri dan kanan. Jika salah satu ginjal rusak dan tak berfungsi, maka ginjal lainnya akan mengambil alih fungsi tersebut.

2. Usus buntu

Usus buntu alias umbai cacing adalah bagian dari usus yang terletak di bagian ujung. Radang usus buntu (apendisitis) bisa membuatnya harus diangkat, namun tidak memberikan efek bagi manusia.

3. Organ reproduksi

Pernah mendengar operasi pengangkatan rahim atau testis? Itu nyata kok, dan mereka yang kehilangan rahim atau testisnya masih bisa hidup normal seperti biasanya.

4. Limpa

Limpa berfungsi untuk mendaur ulang sel darah merah yang telah rusak dan menyimpan sel darah putih. Meski demikian, mereka yang tidak memiliki limpa masih bisa hidup normal karena fungsinya bisa dilakukan oleh organ hati dan jaringan limfoid.

5. Kantong empedu

Kelebihan kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan terbentuknya batu empedu yang mengharuskan kantong empedu diangkat. Operasi tersebut dikenal dengan istilah cholecystectomy dan cukup umum dilakukan.

Itulah 5 organ tubuh yang jika rusak dan tidak berfungsi, manusia masih akan hidup.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS