Idap Kondisi Langka, Devin Sikat Gigi hingga Memanah dengan Kakinya

Silfa Humairah Utami | Firsta Nodia
Idap Kondisi Langka, Devin Sikat Gigi hingga Memanah dengan Kakinya
Walaupun memiliki kondisi langka, Devin Mclaney melakukan semua kegiatan dengan kaki bahkan bisa memanah. (Capture by Youtube)

Ini cerita anak dengan kondisi langka menggunakan kaki untuk semua kegiatannya!

Suara.com - Kisah seorang remaja yang menderita kondisi langka ini sungguh inspiratif. Ia melakukan semua aktivitas dengan kakinya, mulai dari menyikat gigi hingga memanah dilakukannya dengan kaki.

Adalah Devin McLane asal Montana, AS, yang menderita Arthrogryposis Multiplex Congenita. Penyakitnya itu merupakan kondisi langka yang menyebabkan sendi-sendinya melengkung, ototnya lemah dan kaku hingga ia bergantung pada kaki untuk melakukan semuanya.

Devin menulis, makan, menyikat gigi bahkan membuat sarapan dengan kakinya. Tak cuma itu ia juga bisa memanah dengan jari-jari kakinya.

Meski bisa berjalan dengan kedua kakinya, Devin lebih sering menggunakan kursi roda saat sekolah. Meski mengalami kelainan, ia tak ingin dianggap lemah.

Devin bahkan mengikuti ekstrakurikuler gulat dan menjatuhkan lawan dengan menggunakan kekuatan tubuh bagian bawahnya.

"Saya suka gulat. Ini olahraga tim tetapi juga olahraga individual. Meski memiliki kekurangan, saya tetap bekerja keras seperti orang lain. Saya menantang semua orang dan berjuang sekuat tenaga," ujar Devin.

Terlahir dengan kondisi langka memang tidak membuat orangtua Devin putus asa. Michele, sang ibu, mulai mengajari Devin menggunakan kaki untuk beraktivitas ketika masih balita. Pada usia enam tahun, Devin mulai terbiasa beraktivitas dengan kakinya.

"Saya perlu mengajarinya memasak agar dia bisa mandiri," kata Michelle.

Michele mengatakan bahwa Devin sangat tegar. Ia juga mudah beradaptasi, bahkan ketika anak seusianya belum lihai di dapur, Devin sudah bisa memecahkan telur dengan sempurna ketika berusia enam tahun menggunakan kakinya.

"Setiap Sabtu pagi kami selalu memasak bersama. Dia membuat pancake, bacon dan telur, burrito dan sandwich jelly," tambah Michelle dilansir dari Metro.

Devin juga menggunakan mulutnya untuk berpakaian dan membuka pintu, tetapi itu menjadi lebih sulit sejak Ia memasang kawat gigi. Namun ibu Michelle selalu ada untuk membantu.

Devin juga tergolong anak yang berprestasi di sekolah. Ia menunjukkan bakatnya di bidang seni yakni menggambar. Ketika ditanya apa cita-citanya, Devin menjawab ingin menjadi seorang arsitek dan siap berjuang dengan kondisi spesialnya.

"Saya punya kutipan favorit dari Dr. Seuss, Mengapa mencoba menyesuaikan diri ketika Anda dilahirkan untuk lebih unggul?" tutup Devin.

Hal itu membuatnya percaya diri walaupun memiliki kondisi langka yang membuatnya hanya bisa menggunakan kaki untuk melakukan semuanya. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS