Viral Memasukkan Peterseli ke Miss V, Dokter: Bahayanya Mematikan!

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi miss v. (Shutterstock)
Ilustrasi miss v. (Shutterstock)

Tips yang jadi viral itu disebut sangat menyesatkan.

Suara.com - Belakangan ini sebuah tips memasukkan daun peterseli atau parsley ke dalam Miss V jadi viral. Majalah Marie Claire pun banjir kritikan karena memuat artikel berisi saran yang menyesatkan itu.

Menurut majalah wanita ini, memasukkan peterseli ke dalam Miss V dapat melancarkan menstruasi. Artikel yang telah dihapus itu dijelaskan, peterseli dapat melunakkan leher rahim dan memperbaiki ketidakseimbangan hormon yang diduga menjadi penyebab tertundanya menstruasi..

Peterseli pun disebut termasuk emmenagogue, suatu zat yang merangsang atau meningkatkan aliran darah menstruasi.

Namun, para dokter memberi peringatan keras kepada seluruh wanita agar tidak memasukkan peterseli ke dalam Miss V. Pasalnya, hal ini bakal memicu banyak risiko kesehatan.

''Tidak ada bukti adanya manfaat yang didapat seorang wanita dari melakukan hal ini, dan jelas risiko bahaya yang signifikan seperti kematian telah dilaporkan,'' ungkap dr. Shazia Malik kepada The Independent.

''Saya mendesak para wanita untuk tidak memasukkan apapun (ke Miss V, -red), kecuali mereka telah mendapat nasihat medis yang tepat.''

Peterseli. (Shutterstock)
Peterseli. (Shutterstock)

Senada dengan Malik, masih dikutip dari The Independent, Sabtu (19/1/2019), dr. Sheila Newman mengatakan, ''Itu bukan sesuatu yang direkomendasikan oleh dokter kandungan. Cuma ada beberapa hal yang bisa dimasukkan ke dalam Miss V, dan sayuran jelas bukan salah satunya."

Newman menambahkan, ''Ada cara untuk memanipulasi siklus menstruasi Anda dan menghindari menstruasi pada waktu-waktu tertentu, tetapi harus didiskusikan dengan dokter kandungan Anda.''

Newman juga menegaskan bahwa Marie Claire telah menunjukkan sikap tak bertanggung jawab atas saran yang telah dipublikasikan itu.

Marie Claire sendiri telah menarik artikel tersebut dan membuat permohonan maaf kepada publik.

''Marie Claire bangga akan cerita tentang kecantikan dan gaya hidup yang telah diteliti dengan baik, dengan saran yang dicari dari para pakar industri yang tepat. Sayangnya, artikel tersebut tidak mencerminkan standar-standar itu, dan kami telah menghapusnya. Itu menyesatkan dan kami mohon maaf karena aturan kami yang biasanya tak diikuti.'' (Himedik.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS