Moms, Ini Tips Pola Pengasuhan Anak Sesuai Usia

M. Reza Sulaiman | Vessy Dwirika Frizona
Moms, Ini Tips Pola Pengasuhan Anak Sesuai Usia
Tips pola pengasuhan anak sesuai usia yang bisa dicoba para ibu. [shutterstock]

Tips pola pengasuhan anak sesuai usia ini bisa dicoba para ibu di rumah. Catat ya!

Suara.com - Anak-anak punya kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda. Itulah mengapa resolusi tidak diciptakan sama, apalagi dalam hal pola pengasuhan anak.

Ibu boleh saja punya resolusi untuk anak di tahun depan, tetapi pertimbangkan usia dan kebutuhannya. Lakukan semua dengan bijaksana dan realistis sesuai usia anak, pekerjaan ibu pun jadi lebih mudah.

Dilansir dari Popsugar, berikut ini beberapa tips pola pengasuhan yang bisa dilakukan dalam mengasuh anak sesuai usianya:

Bayi

Masa usia bayi sangatlah singkat. Manfaatkan waktu yang ada untuk mendokumentasikan apa yang terjadi lada bayi Anda. Jangan sampai momen-momen si kecil ketika bayi hilang tak berjejak.

Jadi manfaatkan waktu yang ada untuk memperbanyak merekam, memotret, membuat video, dan menulis setiap perkembangannya.

Satu tahun

Tak masalah jika si kecil tidur, ibu bisa menggunakan waktu untuk mempercantik kuku. Dalam usia ini, anak tak harus dipantau setiap detik.

Biarkan dia menangis sebentar ketika ibu melakukan kegiatan lain. Pada usia ini ibu bisa sedikit punya waktu untuk diri sendiri. Anak-anak di usia 1 tahun bisa dikatakan paling fleksibel.

Ilustrasi anak bertanya, anak bertanya ke orangtua [shutterstock]
Tips pola pengasuhan anak sesuai usia yang bisa dicoba para ibu. [shutterstock]

Balita

Beri kesempatan balita melakukan hal baru yang menambah pengalaman dan kemampuan mereka. Memang, salah satu hal tersulit yang harus dilakukan orangtua kepada balita adalah membiarkan mereka melakukan aktivitas yang mereka inginkan.

Namun, tak perlu frustasi, beri mereka kepercayaan agar dapat melakukan sesuatu yang berharga.

Usia 4-5 tahun

Usia ini adalah usia kreatif anak-anak. Sebagai ibu, jangan terlalu cepat ingin membersihkan rumah akibat tumpahan cat dan dinding yang dicorat-coret.

Biarkan anak-anak mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka.

Usia Sekolah Dasar

Jangan sampai hanya karena kasihan, PR itu berubah menjadi pekerjaan orangtua. Bantu mereka, dengan memberi dukungan bukan mengerjakan tugasnya. Biarkan anak-anak mendapat kesempatan untuk melakukannya juga.

Pada usia ini anak mungkin akan banyak menghabiskan waktu untuk mengerjakan PR-PR mereka.

Mengasuh anak memang tidak mudah. Tapi dengan adanya tips pola pengasuhan anak sesuai usia ini diharapkan bisa membantu para ibu ya!

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS