Punya Anak, Ibu Bekerja Lebih Gampang Alami Stres Kronik

M. Reza Sulaiman
Punya Anak, Ibu Bekerja Lebih Gampang Alami Stres Kronik
Punya anak bikin ibu bekerja lebih rentan stres? (Shutterstock)

Studi menyebut punya dua anak membuat ibu bekerja rentan mengalami stres kronik. Kok bisa?

Suara.com - Punya Anak, Ibu Bekerja Lebih Gampang Alami Stres Kronik

Stres bisa dialami siapa saja, termasuk oleh ibu bekerja. Namun studi menyebut ibu bekerja yang memiliki anak berisiko lebih gampang mengalami stres kronik.

Dilansir Himedik dari The Independent, penelitian yang dilakukan University of Manchester dan University of Essex menyebut tingkat stres ibu bekerja naik setelah memiliki dua anak.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal British Sociological Association ini, tingkat stres kronik ibu dua anak yang bekerja penuh 40 persen lebih tinggi daripada wanita yang bekerja tapi tak memiliki anak.

Stre kronik juga bisa dialami ibu dengan satu anak yang berkarier, meskipun risiko lebih rendah, yakni 18 persen.

Uniknya, studi ini juga menyebut ibu dua anak yang jam kerjanya fleksibel memiliki risiko lebih rendah 37 persen daripada ibu dua anak yang kerja penuh waktu. Jam kerja fleksibel dan pekerjaan paruh waktu membuat ibu memiliki lebih banyak waktu sendiri, sehingga risiko stres kronik berkurang.

Menurut Mental Health Foundation, stres kronik merupakan stres yang terjadi secara berkepanjangan. Dalam artian, seseorang mengalami stres dalam waktu yang lama dan tak kunjung membaik.

Gejala stres kronik meliputi mudah marah, cemas, depresi, sakit kepala, hingga insomnia. (Himedik/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS