Mr P Berbau Tak Sedap, Ini Penyebabnya

Silfa Humairah Utami | Firsta Nodia
Mr P Berbau Tak Sedap, Ini Penyebabnya
Ilustrasi penis bau tak sedap. (Shutterstock)

Apa penyebab penis bau tak sedap dan bagaimana penanganannya?

Suara.com - Penis Berbau Tak Sedap, Ini Penyebabnya.

Penis yang sehat seharusnya tidak mengeluarkan bau. Namun jika penis Anda berbau tak sedap maka ada yang tak beres dengan organ intim Anda. Departemen Kesehatan Inggris (NHS) menguraikan beberapa penyebab umum penis berbau tak sedap.

Pertama karena penumpukan smegma. Smegma sendiri adalah pelumas alami yang umumnya ditemukan di sekitar kepala penis. Ketika menumpuk, smegma membentuk gumpalan putih dan menimbulkan bau yang tak sedap.

Umumnya smegma lebih sering muncul pada lelaki yang belum disunat. Selain pada lelaki, smegma juga muncul di organ intim perempuan, terutama di bagian lipatan labia atau sekitar tudung klitoris  dilansir Metro.co.uk.

Penyebab kedua adalah balantis. Kondisi ini merujuk pada iritasi kulit yang memengaruhi penis dan kulup. Biasanya hal ini dipicu karena penggunaan sabun mandi yang iritatif. Selain bau, gejala balanitis juga disertai dengan rasa nyeri, gatal, kemerahan, hingga bengkak.

Selain itu, penis berbau tak sedap juga dapat menyebabkan penis berbau tak sedap termasuk gonore dan klamidia. Nah jika bau yang ditimbulkan tergolong menyengat dan tak biasa, maka Anda harus segera mengunjungi dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Jika disebabkan oleh infeksi bakteri maka dokter akan meresepkan antibiotik, sementara jika disebabkan oleh jamur maka bisa diobati dengan krim anti jamur. Sebagai langkah pencegahan Anda harus menjaga kebersihan Mr P. Caranya cuci penis dengan lembut dengan air hangat, tak perlu gunakan sabun yang bisa menyebabkan iritasi.

Pastikan pula untuk membersihkan pangkal penis dan testis karena di tempat itulah keringat bisa menumpuk dan meninggalkan bau. Jangan menyemprotkan parfum atau produk kimia lainnya ke penis.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS