Gelang Eczema Buatan Mahasiswa ITB Go International

Rully Fauzi | Risna Halidi
Gelang Eczema Buatan Mahasiswa ITB Go International
Sekelompok mahasiswa ITB, Bandung L’Oréal Brandstorm 2019 masuk dalam Babak Final Tingkat Internasional L’Oréal Brandstorm 2019 di Perancis. [Suara.com/Risna Halidi]

Sekelompok pemuda dari Bandung dari ITB membawa gelang eczema ke skala internasional.

Suara.com - Sekelompok pemuda dari Bandung dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berhasil mengalahkan 8 finalis dari berbagai universitas se-Indonesia dalam ajang kompetisi L’Oréal Brandstorm 2019 tingkat nasional.

Tim bertajuk Phoenix yang berisikan Albert Sahala Theodore, Rifda Annelies Az Zahra, dan Johan Poernomo tersebut menang setelah memperkenalkan inovasi bertajuk Smart & Easy Band, sebuah ide di mana gelang dapat mendeteksi gejala eczema pada kulit anak. Mereka juga menciptakan ide inovasi serum peredam gejala eczema pada anak.

Gelang yang diberi nama Smart & Easy Band ini dicanangkan mampu mendeteksi tanda-tanda yang muncul pada kulit anak sebelum gejala eczema terjadi.

Ketika gelang menangkap tanda eczema, akan menampilkan sinar khusus sehingga anak bisa mengetahui eczema akan terjadi. Kemudian anak akan mengolesi kulitnya dengan serum khusus yang bisa meredakan gejala eczema.

Albert Sahala, anggota tim Phoenix mengungkapkan ide tersebut muncul dari rasa keprihatinan ketika melihat anak mengalami gejala eczema.

Eczema semdiri merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya rasa gatal secara terus-menerus dan timbul ruam kulit yang memerah. Ruam dan rasa gatal tersebut dapat muncul di satu atau lebih area tubuh, serta rasa gatal akan semakin terasa memburuk saat malam hari.

Selain ruam dan gatal, penderita eczema juga dapat merasakan gejala lain, seperti kulit menjadi kasar, menebal, dan bersisik. Di kasus tertentu, kulit yang bermasalah dapat menimbulkan rasa sakit bahkan mengeluarkan darah.

Eczema merupakan kondisi yang banyak terjadi pada balita. Namun, tidak menutup kemungkinan dapat dialami juga oleh anak-anak, remaja, atau orang dewasa.

"Kami memandang tim Phoenix dari Institut Teknologi Bandung menjadi yang paling menyeluruh dan lengkap dalam menjawab tantangan tahun ini, sehingga pantas untuk dipilih dan maju ke tingkat internasional di Perancis, mewakili Indonesia sekaligus membawa nama baik almamater dan negara tercinta mereka," ujar Presiden Direktur, PT L’Oréal Indonesia, Umesh Phadke kepada wartawan.

Tim Phoenix akan mewakili Indonesia dalam babak final tingkat internasional dan berkompetisi melawan peserta dari 65 negara, di Paris, Perancis pada 22 Mei mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS