Letakkan Bawang Merah di Telapak Kaki Semalaman, Ini 4 Manfaatnya

Vika Widiastuti
Letakkan Bawang Merah di Telapak Kaki Semalaman, Ini 4 Manfaatnya
Ilustrasi bawang merah. (Shutterstock)

Bawang yang sedikit asam dipandang mampu menghasilkan antibakteri.

Suara.com - Tak hanya sebagai bumbu dapur, bawang merah juga kerap dijadikan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Tiongkok Kuno. 

Biasanya, masyarakat Tiongkok kuno menggunakan bawang merah untuk refleksiologi kaki. Sebab refleksi kaki dipercaya paling efektif mengobati hampir semua kondisi medis. Salah satu caranya dengan meletakkan bawang merah di telapak kaki atau di kaos kaki.

Belum ada penelitian mengenai keterkaitan meletakkan bawang merah di telapak kaki dengan masalah medis. Tetapi, banyak yang mempercayai meletakkan bawang merah di telapak kaki memberikan manfaat luar biasa pada tubuh.

Dilansir HiMedik dari healthline.com, bawang yang sedikit asam dipandang mampu menghasilkan antibakteri ketika digosokkan atau ditempelkan dengan sesuatu, contohnya telapak kaki.

Dr. Rut MacDonald, profesor di Departemen Ilmu Makanan dan Nutrisi Manusia di Lowa State University menyatakan bawang merah lebih efektif daripada antibiotik atau bahan kimia lainnya.

Sebab, virus menyebar dengan cara kontak langsung dengan tubuh manusia. Padahal telapak kaki salah satu pintu utama penyakit datang, terlebih ujung sarafnya terhubungan langsung dengan organ vital.

Dengan meletakkan bawang merah di telapak kaki itulah memberikan banyak manfaat sebagai antiseptik dan sebagainya. Karena, bawang merah bekerja sebagai penangkal virus yang tidak bisa menarik dan menyerapnya ke dalam tubuh manusia.

Adapun beberapa manfaat meletakkan bawang merah di telapak kaki atau kaos kaki:

Meletakan bawang merah di telapak kaki atau kaos kaki selama semalaman bis amemberikan 4 manfaat tak terduga (Pixabay/tookapic)
Meletakan bawang merah di telapak kaki atau kaos kaki selama semalaman bisa memberikan 4 manfaat tak terduga (Pixabay/tookapic)

1. Menyembuhkan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Melansir dari steptohealth.com, bawang merah adalah antibiotik alami yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meletakkan di telapak kaki.

Meski begitu, bukan berarti bawang merah menjadi pengganti antibiotik dari dokter. Meletakkan bawang merah di telapak kaki hanya membantu kita meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi lebih efektif.

2. Menghilangkan racun

Racun termasuk limbah darah yang mampu merusak kesehatan tubuh kita hingga berakibat fatal. Asam fosfat yang terkandung dalam bawang merah inilah berfungsi sebagai magnet untuk zat beracun.

Asam fosfat bawang merah itu pula membantu tubuh untuk menghilangkan racun pada tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

3. Sumber antioksidan

Melansir dari stylecraze.com, Bawang merupakan sumber yang kaya akan vitamin E dan C, yang sangat penting untuk menjaga pertahanan tubuh. Selain itu, vitamin dalam bawang merah itu pula sebagai antioksidan yang sangat baik  guna memperlambat proses penuaan sel.

Bawang merah juga dikenal sebagai pembersih alami yang bisa menghilangkan bakteri dan membunuh kuman pada kulit. 

4. Mengurangi gejala demam seperti pilek dan flu

Cukup meletakan bawang merah di telapak kaki bisa meredakan gejala flu memang terdengar aneh. Tetapi, sejumlah orang mempercayainya bahwa pengobatan tradisional ini bekerja secara efektif.

Menurut pengobatan tradisional yang dilansir dari healthline.com, jika seseorang terserang flu, bisa mengiriskan beberapa bawang merah lalu meletakkannya di telapak kaki semalaman. Hasilnya, gejala flu mungkin akan lebih mereda atau hilang esok harinya.

Cara melakukan metode murah meriah ini pun sangat mudah. Kita hanya perlu mengambil beberapa iris bawang merah untuk diletakan di lengkungan telapak kaki.

Kita bisa menempelkan bawang merah pada telapak kaki itu dengan perekat maupun memakai kaos kaki selama semalaman. Tetapi, kita tidak boleh menggunakan irisan bawang merah itu lagi untuk malam berikutnya. (HiMedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS