Kurangi Sampah Plastik, Ini 6 Manfaat Jaring Buah untuk Rumah Tangga

M. Reza Sulaiman
Kurangi Sampah Plastik, Ini 6 Manfaat Jaring Buah untuk Rumah Tangga
Jaring buah jangan dibuang. (Shutterstock)

Jaring buah bisa dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga.

Suara.com - Kurangi Sampah Plastik, Ini 6 Manfaat Jaring Buah untuk Rumah Tangga

Bagi Anda yang sering membeli buah-buahan, jaringnya jangan dibuang ya. Sebab, jaring buah bisa dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga.

Jaring buah merupakan salah satu jenis sampah plastik yang bisa merusak lingkungan jika dibuang sembarangan.

Dilansir Himedik dari 7gehou.com dan everydayhealth.com, berikut ini kegunaan lain jaring buah sebagai pembersih dapur hingga mengawetkan sabun batangan:

1. Cuci piring

Selain menjadi pembungkus buah, jaring buah bisa kita manfaatkan untuk mencuci piring dan peralatan dapur. Daripada membeli spons baru, kita bisa memanfaatkan jaring buah ini daripada membuangnya lalu membuat sampah menumpuk.

2. Bersihkan dapur

Jaring buah juga bisa digunakan untuk membersihkan wastafel atau dapur demngan hasil yang maksimal. Kita bisa menggunakannya ketika tidak punya kain khusus pembersih wastafel dan peralatan dapur daripada menggunakan spons cuci piring.

Karena langkah tersebut hanya akan menyebarkan bakteri dan kuman ke peralatan dapur dan sekitarnya.

Ilustrasi mencuci di bak cuci piring (Shutterstock)
Jaring buah bisa jadi pengganti spons dapur. (Shutterstock)

3. Mengawetkan sabun mandi

Sabun batangan biasanya akan cepat habis dan lembek ketika tergenang air terlalu lama. Agar tak cepat habis dan boros, kita bisa meletakkan jaring buah ini di tempat sabun untuk memisahkannya dengan air.

Cara ini efektif untuk membuat sabun mandi batangan lebih awet dan tidak lembek karena tergenang air terus menerus.

4. Penyerap panas

Jaring buah ini juga berguna untuk menyerap panas. Kita bisa menggunakannya untuk memegang gelas atau piring berisi air panas dengan cara membungkusnya pakai jaring buah ini.

Selain itu, kita juga bisa menggunakannya sebagai alas peralatan masak yang masih panas seperti panci, teflon dan lainnya agar tak membuat rusak meja atau kain di atas meja.

Buah apel dalam jaring. (Shutterstock)
Buah apel dalam jaring. (Shutterstock)

5. Anti selip

Kita juga bisa menggunakan jaring buah ini sebagai anti selip, contohnya meletakkan jaring buah ini di bawah bantalan kursi yang licin dan suka bergeser sendiri.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkannya sebagai alas kaki-kaki kursi, meja atau lemari agar mudah digeser dan tidak membuat rusak lantai.

6. Pembungkus telur

Setelah tidak terpakai untuk membungkus buah, jaring ini juga bisa digunakan untuk membungkus dan menyimpan telur agar tidak mudah pecah ketika terbentur. (Himedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS