Raisa Tak Akan Unggah Wajah Anak di Instagram, Ternyata Ini Bahayanya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Raisa Tak Akan Unggah Wajah Anak di Instagram, Ternyata Ini Bahayanya
Raisa [Yuliani/Suara.com]

Raisa tidak akan unggah wajah anaknya di media sosial sebelum bisa berbicara. Apa bahayanya?

Suara.com - Anak pertama Raisa dan Hamish Daud, Zaline Rayne Wylie, kini sudah berusia 4 bulan. Raisa dan Hamish Daud pun kompak tidak pernah mengunggah foto anak mereka yang terlihat jelas wajahnya di media sosial Instagram.

Sesekali Raisa mengunggah fotonya bersama Zaline, tetapi tidak pernah memperlihatkan secara jelas wajahnya.

Ternyata, Raisa dan Hamish memiliki alasan tersendiri tidak pernah mengunggah jelas foto wajah anaknya di media sosial. Hal ini semata untuk menjaga hak privasi anaknya yang belum bisa berbicara.

"Menurut aku, dan ini orang-orang punya pendapat yang berbeda dan semua pendapatnya valid. Tapi bagi aku, anak itu punya privasi dan privasi adalah sebuah hak. Dan kalau misal dia belum bisa jawab ke aku, 'kamu mau nggak (diunggah fotonya)?' Aku belum berani untuk menghilangkan hak dia terhadap privasi," kata Raisa.

Karena itu, Raisa memilih hanya menyimpan foto dan video anaknya untuk konsumsi sendiri dan keluarganya.

Sebenarnya tak cuma Raisa yang melakukan hal seperti itu pada anaknya. Sudah banyak selebriti di Indonesia maupun luar negeri yang melakukan hal sama.

Raisa bersama suami dan anaknya [Instagram/hamishdw]
Raisa bersama suami dan anaknya [Instagram/hamishdw]

Melansir dari hellosehat.com, mengunggah foto anak yang lucu dan menggemaskan di media sosial memang menimbulkan pro dan kontra.

Kita tak bisa memungkiri foto dan video anak kecil yang lucu membantu seseorang memiliki mood yang baik. Di sisi lain, kita juga harus paham bahwa anak tersebut memiliki hak privasi.

Sudah seharusnya jika kita tidak sembarangan mengunggah foto anak kecil yang belum bisa menolak atau memahami ke media sosial.

Tidak hanya untuk menghargai hak privasinya, langkah ini juga melindungi anak dari kejahatan di luar yang bisa saja terjadi kapan pun.

Meski begitu, sebenarnya Anda boleh-boleh saja mengunggah foto anak ke media sosial. Tetapi, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memajang wajah anak Anda di media sosial.

Ilustrasi aplikasi media sosial Instagram (Shutterstock).
Ilustrasi aplikasi media sosial Instagram (Shutterstock).

1. Alasan mengunggah wajahnya

Anda bisa mengunggah fotonya jika ingin berbagai seputar perkembangannya. Jangan sampai memperlihatkan identitasnya seperti tempat sekolah dan lain sebagainya untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan.

2. Foto anak pantas atau tidak dipublikasikan

Meskipun anak Anda masih kecil, jangan pernah memperlihatkan postur tubuhnya di media sosial, seperti anak sedang mandi, tidak berpakaian, atau berpakaian seksi. Hal ini untuk mencegah adanya tindak kejahatan, seperti pedofilia yang mengancam anak-anak.

3. Orang yang akan melihat foto anak Anda

Ada baiknya Anda mengatur siapa saja yang bisa melihat foto anak Anda di media sosial. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir karena orang yang melihat sudah pasti harus Anda kenali.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS